search-button

3 Cara Untuk Menyetem Senar Gitar Menjadi Drop D

   
Karya Terpopuler
Anakmusik3 Cara Menyetem Drop D Pada Gitar. Menyetem gitar drop D adalah mengganti nada senar gitar 6 (nada E) menjadi nada senar 4 (Nada D). Kenapa harus menggunakan steman drop D? Keuntungan dari steman gitar drop D yaitu dapat menambah power gitar lebih baik lagi dalam memainkan kunci atau chord power 4, seperti A5, E5, dan sebagainya. Steman drop D pada umumnya selalu digunakan untuk musik-musik keras, seprti metal, hardcore, rock dan sebagainya. Namun itu tergantung juga gitarisnya, dan sekarang juga banyak steman gitar drop D digunakan untuk musik-musik sederhana.

Bagi kamu yang ingin belajar bermain gitar drop D dengan baik, saya memiliki satu saran penting, yaitu: belajar menyetem drop D pada gitar yang kamu miliki terlebih dahulu. Apakah cara menyetem atau menyetel gitar ke drop D mudah dan cepat? Tentu saja cepat, sama seperti menyetem gitar pada umumnya, dan terbilang mudah juga untuk dipelajari. Di bawah ini saya menyertakan beberapa cara untuk menyetem senar gitar menjadi Drop D secara otomatis menggunakan aplikasi, menggunakan alat tuning gitar dan secara manual.

3 Cara Untuk Menyetem Senar Gitar Menjadi Drop D

Kamu dapat mencoba ke 3 Cara Steam Gitar Drop D di bawah ini secara bergantian. Saran saya, sebaiknya kuasi ke 3 cara ini, karena tentu saja ini akan sangat dibutuhkan dalam situasi dan kondisi kapan dan dimanapun juga. Saya menyuguhkan beberapa gambar beserta keterangannya, hal ini bertujuan untuk mempermudah kamu dalam memahami dan mempelajari penyeteman senar gitar menjadi drop D dengan baik.

  1. Cara Menyetem Senar Gitar Drop D Menggunakan Tuner. Alat tuner gitar ini dapat kita temui di toko-toko alat musik terdekat, harganya pun bervariasi, dari 50 ribu hingga 200 ribu. Cara menggunakannya yatu: nyalakan alat tuner dan dekatkan tuner dengan gitar. Petik satu persatu senar gitar hingga ke nada akurat dari bawah ke atas: Senar 1 (Nada E), senar 2 (nada B), senar 3 (nada G), senar 4 (nada D), senar 5 (nada A), dan senar 6 (nada D).
    Cara Menyetem Senar Gitar Drop D Menggunakan Tuner
  2. Cara Menyetem Senar Gitar Drop D Otomatis Menggunakan Aplikasi. Jika kita memiliki smartphone android maupun iOs iPhone, kita dapat memanfaatkan teknologi tersebut. Download aplikasi steam gitar gratis dan terbaik yang banyak juga digunakan oleh pengguna lainnya. Caranya sama seperti cara pertama di atas, untuk lebih jelasnya, kamu dapat membaca Cara Menyetem Gitar Ke Nada Akurat Berikut ini.
    Cara Menyetem Senar Gitar Drop D Otomatis Menggunakan Aplikasi
  3. Cara Menyetem Senar Gitar Drop D Manual. Menyetem gitar drop D secara manual akan terasa sulit bagi pemula, dan sebaiknya pemula menggunakan cara pertama dan kedua terlebih dahulu. Jika sudah peka terhadap nada, kamu secara otomatis dapat menyetem senar gitar drop D secara manual dengan cepat dan mudah.
    Cara Menyetem Senar Gitar Drop D Manual
Bagaimana, Cara Untuk Menyetem Senar Gitar Menjadi Drop D sangat mudah sekali bukan? Untuk pertama kali memainkan gitar dengan drop D memang akan terasa kaku, namun tidak jika sudah terbiasa memainkannya. Intinya: mengubah nada senar gitar 6 atas (nada E) menjadi nada senar 4 (Nada D).

Baca juga: