search-button

Cara Mengetahui Gitar Akustik Asli atau Palsu

   
Karya Terpopuler
Anakmusik - Cara Mengetahui Gitar Akustik Asli atau Palsu. Sekarang sudah banyak merk-merk gitar akustik yang beredar di pasaran, namun kita tidak tahu apakah gitar akustik tersebut asli atau palsu, palsu bukan berarti tidak memiliki merk, namun apakah merk gitar tersebut orsinil (original) hasil dari perusahaannya sendiri atau memang KW, produk dari pabrikan biasa. Dengan adanya informasi ini, setidaknya kalian akan mengetahui ciri-ciri yang terdapat pada gitar akustik asli maupun palsu. Tips memilih gitar akustik ini ditujukan untuk semua merk gitar akustik, seperti Yamaha, Ibanez, Fender, Gillmore, Pearl, dan sebagainya.

Keterpopuleran sebuah merk menjadikan peluang bagi pesaingnya, dan sebagian ada yang berbuat curang mengatasnamakan merk gitar yang terkenal ke perusahaan atau pabrik sederhana miliknya. Perlu kalian ketahui perbedaan gitar akustik asli atau palsu. Gitar akustik asli tentunya memiliki suara yang baik dan nyaring, begitu juga kualitasnya. Bahan-bahan yang digunakan gitar akustik asli merupakan kumpulan dari bahan-bahan terpilih, yang menjaga agar kualitas gitar tetap baik dan bertahan lama.

Cara Mengetahui Gitar Akustik Asli atau Palsu

Bahan dan cara pembuatan gitar aksutik asli dan palsu tidak jauh beda, namun kalian pasti dapat menafsirkan sendiri lebih baik mana antara kedua gitar tersebut. Perbandingan yang mencolok yang kalian ketahui kemungkinan hanya dari harga, dan tidak dengan kualitasnya. Di bawah ini saya akan memberikan tips cara mengetahui gitar akustik asli atau palsu yang dapat dilihat dari beberapa ciri-ciri berikut ini.

  1. Nomor Seri. Gitar akustik asli memiliki nomer seri yang bisa dilihat di lubang suaranya.
  2. Suara. Kalian pasti dapat mengetahui merk gitar akustik asli atau palsu hanya dari suaranya. Suara gitar akustik asli lebih jernih, nyaring dan merdu, berbeda dengan gitar akustik palsu. Gitar akustik palsu biasanya memiliki suara yang terlalu bass dan (cempreng) treble-nya lebih mencolok.
  3. Headstock (Kepala Gitar). Untuk merk gitar akustik asli, di bagian ini biasanya terdapat sebuah logo atau merk yang timbul, cekung atau cembung.
    Cara Mengetahui Gitar Akustik Asli atau Palsu
  4. Finishing. Perhatikan seluruh sisi gitar, jika itu merupakan gitar asli, maka cat, bentuk dan komponen (hampir) tidak memiliki kecacatan sekali.
  5. Tips Membeli Gitar. Jika kalian ingin membeli sebuah gitar dengan merk tertentu, sebaiknya buka terlebih dahulu alamat atau website gitar tersebut. Kalian dapat meilhat nomor seri, spesifikasi, dan kelebihan gitar yang dapat kalian pertimbangkan.
 
Memang di zaman yang semakin modern ini gitar akustik palsu hampir menyerupai dengan gitar asli yang memiliki merk dan brand ternama. Namun dengan membaca tips di atas, setidaknya ada sedikit pencerahan untuk mengetahui apakah gitar akustik tersebut asli atau palsu.

Baca juga: