search-button

Cara Mengatasi Demam Panggung Saat Bernyanyi

   
Karya Terpopuler
AnakmusikCara Mengatasi Demam Panggung Saat Bernyanyi. Apa yang dimaksud demam panggung? Arti Demam Panggung yaitu sebuah ketakutan, kekhawatiran atau fobia yang berhubungan dengan penampilan di depan penonton maupun kamera. Bentuk ketakutan ini dapat mendahului atau menyertai penampilan di depan umum. Apakah ini penampilan perdanamu bernyanyi di atas panggung? Bernyanyi di hadapan banyak orang? Bernyanyi di depan kamera? Dan bernyanyi di hadapan juri-juri? Apa kamu khawatir terhadap penampilanmu di atas panggung? Takut mengecewakan penonton?

Semua itu adalah hal yang wajar bagi orang yang baru pertama kali bernyanyi di atas panggung. Bahkan masih banyak juga yang sudah beberapa kali manggung, namun perasaan demam panggung itu tetap melekat secara berlebihan. Lalu, bagaimana cara menghilangkan demam panggung dengan cepat dan mudah? Untuk mengatasi demam panggung saat bernyanyi, kita perlu menerapkan beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri semakin bertambah, sebelum maupun saat di atas panggung.

Cara Mengatasi Demam Panggung Saat Bernyanyi

Agar terhindar dari rasa “DEMAM PANGGUNG SAAT BERNYANYI”, kamu perlu membiasakan atau mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini. Langkah-langkahnya memang sangat sederhana, namun bukan berarti tidak manjur untuk mengatasi demam panggung. Dan, tips-tips di bawah ini akan meningkatkan rasa percara diri yang sangat dalam, sehingga tidak ada lagi kata Demam Panggung Saat Bernyanyi.

  1. Kuasai Materi Lagu. Salah satu kunci sukses bernyanyi di depan penonton atau di atas panggung adalah percaya diri. Dan faktor untuk dapat bernyanyi dengan percaya diri adalah menguasai materi lagu yang akan kita nyanyikan. Untuk itu, usahakan kita hafal dengan lagu yang hendak dinyanyikan di atas panggung. Selanjutnya, lihat juga video-video yang terkait dengan KONSER. Hal ini memperkaya penguasaan penampilan panggung supaya lebih menarik dan tentunya menambah rasa kepercayaan diri.
  2. Rencanakan Penampilan Dengan Baik. Perencanaan yang baik juga merupakan salah satu kunci suksesnya sebuah penampilan, kita dapat merencanakan sesuatu yang menurut kita baik dan dapat menghibur penonton juga. Arti penampilan disini terbagi menjadi dua, untuk diri sendiri dan untuk penonton. Arti penampilan untuk diri-sendiri yaitu menggunakan kostum atau pakaian yang sesuai dengan acara yang diselenggarakan. Sedangkan perencanaan penampilan untuk penonton adalah membuat sebuah gerakan atau tindakan yang mengajak penonton untuk berkomunikasi.
  3. Latihan, Latihan, dan Latihan. Teruslah latihan sebelum acara di mulai, tentukan juga jadwal latihan yang konsisten. Pastikan kamu sudah menguasai semua materi lagu dan perencanaan di atas panggung, ingin seperti apa menariknya?
    Cara Mengatasi Demam Panggung Saat Bernyanyi
  4. Hilangkan Pikiran Negatif Dan Tetap Percaya Diri. Jauhkan pikiran-pikiran yang meruntuhkan rasa percaya diri. Yakin, kamu harus yakin dengan bakat yang kamu miliki ini, belum tentu orang lain memilikinya dan belum tentu orang laing lain sanggup melakukannya.
  5. Datang Lebih Awal. Sebaiknya datanglah ke arena panggung lebih awal, dengan begitu, kamu dapat mengetahui dan membayangkan seperti apa kondisi penonton dan suasana panggung saat kamu menampilkan bakat terbaik dalam bernyanyi.
  6. Jangan Takut Salah dan Harus Bersikap Relaks. Salah satu teknik untuk relaksasi adalah dengan menghela nafas panjang. Menghela nafas akan memudahkan oksigen memenuhi otak sehingga secara otomatis akan membuat jiwa lebih tenang sebelum menaiki panggung.
  7. Beranikan diri segera. Dan selamat, kamu sudah di atas panggung.

Menghilangkan demam panggung saat bernyanyi hanya bisa dilakukan dengan langkah-langkah berani dan percaya diri, dan untuk mendapatkan rasa kepercayaan diri itu tidak mudah bagi orang-orang yang tidak berani atau memaksakan. Oleh karena itu, paksakan dan bebaskan keinginan kita untuk dapat menguasai apa yang seharusnya kita inginkan. Itulah beberapa tips cara mengatasi demam panggung saat bernyanyi, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Baca juga: