search-button

Cara Mencari Kunci Gitar Dalam Sebuah Lagu (Cepat & Mudah)

   
AnakmusikCara Mencari Kunci Gitar Dalam Sebuah Lagu. Menebak sebuah kunci, chord, atau kord gitar dalam sebuah lagu memang akan sangat sulit bagi pemula, perlu latihan dan harus memiliki rasa musical yang cukup mumpuni. Namun jangan khawatir, saya akan memberi saran tentang 2 cara menemukan kunci gitar dalam sebuah lagu mp3. Yang pertama, kamu dapat memanfaatkan teknlogi, menggunakan laptop atau komputer PC misalnya.

Untuk mencari kunci gitar lagu secara otomatis, kamu dapat menggunakan komputer PC atau laptop, dan memasangkan software yang memiliki fungsi untuk menemukan kunci gitar dalam sebuah lagu mp3. Cara ini terbilang sangat mudah dan praktis, tidak memakan banyak waktu pula, kurang lebih hanya 3 hingga 5 menit. Software pencari kunci gitar secara otomatis terhubung dengan program pemutar musik laptop maupun komputer, dan langkah pengoperasiannya juga sangat sederhana.

Cara Mencari Kunci Gitar Dalam Sebuah Lagu

Cara mencari kunci gitar menggunakan software atau program PC: Download easy chord dan pasangkan pada komputer maupun laptop. Lalu buka media player winamp, dan secara otomatis kunci gitar akan muncul saat kita memutar lagu tersebut. Untuk lebih lengkapnya lagi, silahkan baca: Cara Mencari Kunci Gitar Sebuah Lagu Menggunakan Winamp atau bisa juga: Mencari Kunci Gitar Melalui Aplikasi Chord Pick Out.

Namun bagaimana cara mencari kunci gitar dalam sebuah lagu tanpa menggunakan software? Secara manual, iya secara manual. Bagi kamu yang ingin menebak kunci gitar dari sebuah lagu secara manual, tentunya harus sering berlatih menebak-nebak nada dari setiap lagu. Sebelumnya perlu kamu ketahui juga, bahwa di setiap lagu itu memiliki pola-pola tertentu. Jadi, kalian harus terlebih dahulu mengetahui daftar progresi nada dasar berikut ini.
Cara Mencari Kunci Gitar Dalam Sebuah Lagu
Lalu, bagaimana mencari kunci gitar dalam nada dasar tertentu, misalnya kalau ada teman kita bilang nada dasarnya G, kunci gitar apa saja yang harus kita mainkan? Berdasarkan tabel di atas, kita tahu bahwa dengan nada dasar G, setidaknya kita punya pilihan kunci gitar G-Am-Bm-C-D-Em dan F#dim, kita bisa mengacaknya. Jadi, untuk menebak kunci gitar dalam sebuah lagu kurang lebih seperti itu.

Mengetahui satu nada atau kunci gitar dahulu, baru mencoba beberapa kunci gitar lainnya. Jika masih belum menguasai cara mencari kunci gitar dalam sebuah lagu secara manual, sebaiknya gunakan langkah pertama saja, secara otmatis menggunakan program, atau browsing di internet. Dengan cara tersebut kamu akan terbiasa menemukan kunci – kunci gitar sederhana dan akan terlatih juga feeling dalam menebak-nebak kunci gitar dalam sebuah lagu.

Baca juga: