search-button

CARA MEMBUAT SULING SUNDA 4 LUBANG (DEGUNG)

   
Karya Terpopuler
AnakmusikCARA MEMBUAT SULING SUNDA 4 LUBANG (DEGUNG). Kamu dapat mengetahui cara membuat suling sunda 4 atau 6 lubang dengan cepat dan mudah, hanya mengikuti langkah-langkah yang akan saya berikan di bawah ini. Tahukah kamu, apa itu suling? Suling merupakan alat musik tiup kayu yang terbuat dari bambu. Suara suling sangat lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik. Terdapat juga suling modern yang pada umumnya terbuat dari bahan perak, emas atau campuran keduanya. Sedangkan suling untuk pelajar umumnya terbuat dari bahan nikel – perak, atau logam yang dilapisi juga perak.

Untuk bahan-bahan membuat suling sunda 4 lubang (degung), kita dapat dengan mudah menemuinya. Bahkan jikalau ingin membeli bahan-bahan suling tersebut pun tidaklah mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Jika ingin mengetahui terlebih dahulu tentang alat musik suling dan penjelasannya secara lengkap, kalian bisa menyimak berikut ini: Sejarah Alat Musik Suling Bambu.

CARA MEMBUAT SULING SUNDA 4 LUBANG (DEGUNG)

Disini saya akan memberikan langkah dalam cara membuat suling sunda 4 lubang (degung), dimulai dari peralatan, bahan dan tentunya proses pembuatan. Peralatan yang perlu kamu persiapkan diantaranya: pisau kecil /cutter (kecil dan besar),  Gergaji, Penggaris, Kain, dan Pensil. Sedangkan untuk bahannya diantaranya: bambu (awi tamiang /rampal/ buluh), pasir (secukupnya), sayatan bambu (untuk membuat siluwer pada lubang tiup), dan amplas (halus dan kasar).

Proses atau cara membuat suling sunda 4 lubang :
  1. Siapkan bambu atau awi tamiang dengan diameter 1,5 cm. Haluskan bagian permukaan bambu menggunakan kain yang diberi pasir dan sedikit air. Potong juga bagian ujung bambu dari bagian ujung ruas ke bagian atas dan bagian bawah dengan ukuran panjang 33 cm. Haluskan bagian permukaan yang sudah dipotong tadi menggunakan cutter, lalu haluskan menggunakan amplas.
  2. Buat lubang tiup pada ujung ruas bambu dengan bentuk seperti gambar di bawah ini.
    CARA MEMBUAT SULING SUNDA 4 LUBANG (DEGUNG)
  3. Kemudian tentukan jarak lubang dari bagian bawah ke atas, jarak intervalnya adalah --------3cm-------3.5cm------------6cm---1.5cm.
    CARA MEMBUAT SULING SUNDA 4 LUBANG (DEGUNG)
  4. Mulailah melubangi permukaan bambu yang sudah di ukur dari lubang pertama dan seterusnya. diamter lubang nya adalah : lubang nomor 1&2 = 7 mm, lubang nomor 3 = 1cm, dan lubang nomor 4 = 5 mm. Buatlah lubang dan haluskan menggunakan amplas yang dibalutkan ke sebuah lidi.
  5. Siapkan sayatan bambu untuk membuat siluwer pada lubang tiup suling. Cara membuat siluwer suling bisa melihat contoh seperti gambar berikut ini.
    CARA MEMBUAT SULING SUNDA 4 LUBANG (DEGUNG)
  6. Lalu pasang siluwer ke lubang tiup pada suling.
    CARA MEMBUAT SULING SUNDA 4 LUBANG (DEGUNG)
  7. Selesai, dan suling sunda 4 lubang sudah dapat kamu mainkan.

Bagaimana cara membuat suling sunda 4 lubang seperti diatas, terbilang mudah dan sederhana bukan? Hanya saja kita juga perlu berhati-hati dalam membuatnya, karena membuat seruling sunda itu tidak semudah yang kamu bayangkan, perlu keahlian dan keterampilan khusus. Namun, tidak ada salahnya juga jika kita mencoba membuat suling sunda 4 lubang sendiri dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Sumber :ariorganologi.blogspot.co.id

Baca juga: