search-button

2 Cara Bernyanyi Menggunakan Suara Perut Dan Suara Hidung

   
Anakmusik – Teknik vokal cara bernyanyi yang baik dan benar adalah menggunakan suara perut, diafragma, dan dada. Namun perlu kamu ketahui juga, bahwa terdapat banyak sekali teknik vokal yang bisa kita pelajari, seperti teknik suara kepala, suara hidung dan lainnya. Teknik-teknik vokal tersebut tentunya bisa kita lihat ada dalam penyanyi-penyanyi terbaik Indonesia maupun luar penyanyi luar negeri. Apa yang dimaksud dengan Teknik Vocal Dalam Bernyanyi?

Pengertian Teknik Vokal: teknik vocal adalah cara memproduksi suara yang baik dan benar, sehingga suara yang keluar akan terdengar indah, jelas, nyaring, dan merdu (Intonasi, Artikulasi, Resonansi, Pernapasan, Pembawaan). Untuk kali ini saya akan memberi pengertian tentang teknik vokal dengan cara bernyanyi menggunakan suara perut dan suara hidung. Cara bernyanyi dengan menggunakan suara hidung sepertinya terdengar asing, dan cara bernyanyi dengan mengunakan suara perut pasti sudah sering terdengar ditelinga kalian. Dan, untuk mengetahui lebih lengkapnya lagi tentang teknik vokal tersebut, kalian bisa menyimak pengertiannya di bawah ini.

2 Cara Bernyanyi Menggunakan Suara Perut Dan Suara Hidung

Kedua teknik vokal ini tentunya memiliki perbedaan yang sangat mencolok, namun bukan berarti keduanya lebih baik maupun lebih buruk. Tapi, setiap vital suara memiliki resonansi yang berbeda, dan mungkin saja salah satu teknik vokal ini cocok juga untuk kamu terapkan.

  1. Cara Bernyanyi Menggunakan Suara Perut. Cara untuk melatih tehnik suara perut terbilang mudah dan nyaman, karena tehnik ini tidak akan menimbulkan ketegangan pada rongga-rongga dada maupun rongga tenggorokkan. Teknik untuk melatih suara perut adalah dengan cara pengambilan nafas melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut. Tetapi, pada saat kamu mengambil nafas dengan cara melalui hidung, keadaan perut haruslah membesar. Bernyanyi menggunakan teknik perut terbilang menguras tenaga dan rasa lelah yang tidak seperti biasanya, namun jika kamu terus melatihnya dengan baik, maka keadaan tersebut secara mudah dapat kamu atasi.
    2 Cara Bernyanyi Dengan Menggunakan Suara Perut Dan Suara Hidung
  2. Cara Bernyanyi Menggunakan Suara Hidung. Masih banyak orang yang belum mengetahui teknik vokal ini, karena kebanyakan diantaranya suara vokal yang baik itu menggunakan suara perut, diafragma, dan dada. Namun, sebenarnya suara hidung juga berperan penting dan sangat dibutuhkan untuk seorang penyanyi. Tehnik vokal suara hidung merupakan tehnik untuk membantu suara tinggi. Jika masih bingung, saya akan memberikan sedikit contoh yang dapat kalian pahami. Coba perhatikan cara bernyanyi Vokalis Band Noah yaitu Ariel atau penyanyi cantik indonesia Agnes Monica misalnya. Di saat mereka ingin menarik suara tinggi mereka menggunakan suara hidung.

Dari ke 2 teknik vokal di atas kita bisa menyesuaikan atau mengambil bagian mana yang mungkin dan dapat kita kuasai. Jika kamu penyanyi pemula, sebaiknya cari lebih banyak lagi referensi tentang teknik vokal, cara bernyanyi yang baik dan benar, dan sebagainya. Perhatikan juga cara penyanyi Indonesia atau penyanyi favorite kamu sendiri saat bernyanyi di atas panggung, namun tetap jangan menghilangkan ciri khas kamu sendiri dalam bernyanyi. Cukup tahu, bagaimana cara mereka mengolah vokal dengan baik dan benar.

Baca juga: