search-button

Cara Bermain Gitar Bass Reggae Untuk Pemula

   
AnakmusikCara Bermain Gitar Bass Reggae Untuk Pemula. Kali ini kamu dapat belajar gitar bass reggae dengan cepat dan mudah hanya mengikuti beberapa pengertian di bawah ini. Kita tahu bahwa terdapat banyak genre musik yang populer dan banyak disukai oleh semua orang, pop, rock, dangdut, reggae, dan sebagaianya. Dari setiap genre tersebut, tentunya memiliki teknik masing-masing dalam cara memainkan alat musiknya. Seperti halnya teknik bermain gitar bass untuk musik reggae.

Apa memainkan musik reggae kunci gitar bassnya berbeda? Tidak, kunci gitar bassnya sama saja, yang membedakan hanya teknik atau jalur-jalur kunci bass yang khusus untuk musik reggae. Teknik bermain bass musik reggae bisa kita pelajari dengan mudah, seperti halnya kita belajar mengetahui kunci gitar bass dari dasar hingga lengkap.

Cara Bermain Gitar Bass Reggae Untuk Pemula

Di bawah ini, saya akan memberikan informasi dan tips Cara Bermain Gitar Bass Reggae Untuk Pemula, khususnya yang gemar mendengarkan dan ingin memainkan bass dari musik reggae favoritnya sendiri.

  1. Belajar Teknik Bass Reggae. Mempelajari teknik-teknik gitar bass merupakan hal yang penting dalam bermain bass, apapun nanti genre yang akan kita mainkan. Di bawah ini terdapat beberapa teknik dalam belajar bermain bass. Alternate Picking: memetik bass menggunakan dua jari secara bergantian. Biasanya jari telunjuk dan jari tengah yang digunakan. Up Down Thumb: menggunakan jempol sebagai pick, kemudian 4 jari lainnya memetik. Seperti memainkan gitar akustik. Slapping: menampar senar bass menggunakan jempol atau menggunakan telapak tangan. Popping: menarik senar dengan jari lalu dilepas lagi, sehingga bertabrakan atau beradu dengan fret bass. Tapping: menekan senar bass dengan jari kemudian geser sedikit seperti mencolek senar. Neck Bending: pada saat memetik bass kemudian tekan headstock atau ujung senar tepatnya dibagian kepala bass.
  2. Perbanyak Koleksi Lagu Reggae. Cara bermain bass reggae yang kedua adalah dengan memperbanyak koleksi lagu yang bisa kamu mainkan dengan gitar bass yang kamu miliki. Caranya dengan mendengarkan beberapa lagu reggae, kemudian mainkanlah kembali dengan gitar bass yang kamu genggam.
    Cara Bermain Gitar Bass Reggae Untuk Pemula
  3. Mainkan Satu Persatu Lagu Reggae Yang Kamu Suka. Cara bermain bass reggae yang ketiga adalah dengan cara memainkan lagu-lagu reggae yang kamu kuasai. Caranya dengan mendengarkan banyak lagu-lagu reggae lalu cobalah untuk memainkannya kembali dengan bassmu. Atau mainkan lagu-lagu raggae terkenal dari miliknya Bob Marley, seperti No Woman No Cry, Don't Worry Be Happy, One Love, Is This Love, Smile Jamaica, dan lainnya.
  4. Berlatih Bermain Bass Reggae Secara Fokus dan Konsisten. Cara bermain bass reggae yang keempat yaitu dengan cara berlatih bass dengan fokus dan konsisten. Latihan dengan fokus berarti membuat dan menentukan waktu secara terjadwal. Lakukan hal ini setiap hari secara rutin.

Dengan melakukan tahap-tahap di atas, pemula pun pasti dapat bermain gitar bass reggae dengan baik dan benar. walau secara otodidak. Setelah kamu berhasil menguasai dan bermain gitar bass reggae untuk lagu pertama, maka akan lebih mudah memahami untuk lagu reggae berikutnya. Dan, tentunya teknik gitar bass reggae dapat lebih mudah dikuasai juga dibanding lagu pertama yang sudah kamu hapalkan.

Baca juga: