search-button

Cara Bermain Bass Dangdut Dengan Cepat

   
AnakmusikCara Bermain Bass Dangdut Dengan Cepat. Gitar bass merupakan salah satu alat musik petik yang pada umumnya memiliki 4 senar, namun ada juga beberapa merk atau jenis gitar bass dengan jumlah 5 dan 6 senar. Peranan bass dalam sebuah alunan musik sangatlah penting, ibarat pepatah bilang sayur tanpa garam. Terdapat juga teknik bass yang harus kamu ketahui, diantaranya: Alternate Picking, Up Down Thumb, Popping, dan Neck Bending. Nanti saya akan memberi keterangannya dengan lengkap.

Sekarang mari kita bahas cara bermain bass dangdut dengan baik, dangdut koplo atau dangdut melayu: Belajar gitar bass memang dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi pemula, ukuran senar gitar bass lebih tebal dibandingkan senar gitar akustik maupun listrik. Jadi, kamu perlu memiliki power dalam menekan dan memetik bagian senar tersebut. Untuk pertama kali pasti akan merasa lelah dan kaku, namun tidak jika kita terus melatihnya. Bagi kamu yang ingin belajar gitar bass dangdut koplo maupun dangdut melayu, disini saya akan memberi tips atau informasi yang akan sangat berguna sekali bagi pembelajaran gitar bass secara otodidak.

Cara Bermain Bass Dangdut Dengan Cepat

Musik dangdut merupakan genre yang paling banyak digermari oleh masyarakat Indonesia, dan lebih baik juga jika kamu mulai belajar gitar bass dengan genre musik yang kamu sukai. Bermain gitar bass dangdut tentu saja memiliki jalur atau tangga nada khsusus yang nantinya akan menghasilkan irama yang indah. Untuk belajar bermain bass dangdut dengan baik dan cepat, kamu terlebih dahulu harus mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Artikel Lainnya:
 
  1. Senam Jari Gitar Bass. Fingering atau senam jari merupakan langkah penting dalam pengembangan pembelajaran gitar. Hal ini bertujuan untuk melenturkan jari-jari tangan agar tidak kaku dan lebih mudah menekan bagian nada ke nada lainnya. Teknik senam jari gitar bisa kamu pelajari berikut ini (Cara Senam Jari Gitar Bass).
  2. Belajar Teknik Bass. Seperti yang sudah saya katakan di atas, bahwa teknik bass ini akan saya jelaskan lebih lengkap lagi. Alternate Picking: Memetik senar bass dengan dua jari secara bergantian, biasanya jari telunjuk dan jari tengah. Up Down Thumb: Menggunakan jempol sebagai pick, kemudian 4 jari lainnya memetik. Seperti halnya memainkan gitar akustik. Slapping: Menampar senar menggunakan jempol atau telapak tangan. Popping: Menarik senar dengan jari lalu dilepas lagi, sehingga bertabrakan atau beradu dengan fret bass. Tapping: Menekan senar bass dengan jari kemudian geser sedikit seperti mencolek senar. Neck Bending: Pada saat memetik senar bass, kemudian tekan headstock atau ujung senar tepatnya pada bagian kepala bass.
    Cara Bermain Bass Dangdut Dengan Cepat
  3. Perbanyak Koleksi Lagu Dangdut. Cara bermain bass dangdut selanjutnya adalah dengan cara memperbanyak koleksi lagu dangdut yang bisa kita mainkan. Rekomendasi lagu – lagu dangdut yang banyak digemari oleh masyarakat adalah lagu dangdut dari miliknya Rhoma Irama.

Semakin sering kita berlatih senam jari, berlatih teknik bass, dan mendengarkan banyak lagu-lagu dangdut, maka kita akan memiliki felling yang baik untuk memainkan gitar bass. Dan dari sinilah kita memulai belajar bermain bass dangdut secara perlahan. Itulah beberapa cara bermain bass dangdut dengan tips dan langkah-langkah sederhana.

Baca juga: