search-button

Pages

Cara Belajar Main Drum Untuk Pemula (Secara Otodidak)

   
AnakmusikCara Belajar Main Drum Untuk Pemula. Drum merupakan alat musik perkusi yang mengeluarkan bunyi apabila dipukul. Di dalam genre musik pop, jazz, dan rock, seringkali alat musik ini digunakan sebagai tempo atau ketukan dasar dari sebuah komposisi permainan lagu. Apa itu DRUM? Drum Kit atau Drum Set adalah sekelompok drum yang tersusun dan terdiri dari Bass Drum, Snare Drum, Hi-Hat, Pedal Bass Drum, Ride, Tom-Toms, Floor Tom, Cymbal Stand, Hi Hat Stand for Hi Hat cymbals, Hi Hat Clutch, Crash, dan Snare Stand.

Tidak ketinggalan juga ada beberapa piringan yang terbuat dari bahan metal yang berwarna keemasan yang biasa disebut dengan nama CYMBAL.  Cymbal sendiri memiliki 3 buah pada drum kit, yaitu crash, ride, dan hi-hat. Bagi kalian yang ingin mahir dalam bermain drum otodidak, terlebih dahulu kalian harus mengetahui teknik-teknik dasar bermain drum dengan baik dan benar, seperti yang akan saya kupas di bawah ini.

Cara Belajar Main Drum Untuk Pemula (Secara Otodidak)

Di dalam bermain drum, tentu saja memiliki banyak teknik-teknik yang menarik, dan itu wajib kita ketahui dan kuasai. Seperti halnya posisi duduk dan bagaimana cara memukulnya. Memukul alat musik drum tidak semudah yang kita bayangkan, seperti halnya menonton video pemain drum profesional di layar televisi, namun memainkan drum tersebut diiringi juga dengan skil atau kemampuan yang mumpuni.

Bagaimana Cara Belajar Main Drum Untuk Pemula? Cara yang saya suguhkan ini hanya sekeder tips-tips sederhana. Namun walaupun begitu, informasi ini akan memberikan manfaat dan perkembangan yang baik bagi kalian yang belajar drum secara otodidak. Tips-tips yang akan saya berikan diantaranya:

  1. Posisi Duduk Saat Bermain Drum. Posisi duduk saat bermain drum haruslah tegak. Dengan membiasakan posisi duduk tegak, tubuh kita akan mendapatkan banyak tenaga, sehigga kita tidak mudah lelah saat memainkan drum dalam waktu yang cukup lama. Aturlah ketinggian kursi drum sesuai ukuran tubuh, dalam artian posisi duduk harus senyaman mungkin, sehingga tangan dan kaki dapat menjangkau bagian-bagian alat musik drum.
  2. Cara Menginjak Pedal Bass Drum Yang Baik. Kita perlu menjaga pijakan agar mengeluarkan bunyi yang baik. Pada dasarnya, sebuah permainan drum terdapat dua bagian yang sangat penting, yaitu bass drum dan snare. Jadi, kita perlu memainkan bagian-bagian tersebut secara konsistem dan berirama. Kita pastikan bahwa tidak ada ketukan bass drum atau snare yang tertinggal satu kali pun, karena pada bagian inilah ditentukannya tempo dari seluruh alat musik yang sedang dimainkan secara bersamaan dengan drum.  Terdapat teknik dasar menginjak pedal bass drum, yaitu: Full Kick dan Half Kick. Teknik Full Kick dalam menginjak drum adalah menggunakan seluruh bagian telapak kaki agar bisa menemukan sisi stabil dalam mengetuk sebuah bass drum. Half Kick dalam menginjak drum adalah menggunakan setengah kaki pada bagian pedal bass drum. Teknik ini menekankan engsel lutut sebagai tumpuan.
  3. Memegang Stick Saat Bermain Drum. Tempatkan posisi ibu jari pada bagian tengah stick drum. Jadi, kita yang sedang belajar drum harus pahami ini dengan baik. Sisakan stick pada bagian belakang agar telapak tangan dapat membuka tutup dan membuat stick anda melayang ketika menyentuh bagian drum. Secara umum, cara memegang stick drum terbagi ke 2 bagian, diantaranya: Matchead Grip dan Traditional Grip. Teknik Match Grip adalah cara memegang stick drum dengan posisi stick lurus agar mendapatkan tenaga yang cukup keras. Biasanya teknik ini digunakan oleh drummer professional untuik genre musik rock. Teknik Tradisional Grip Teknik adalah memegang stick drum dengan cara menyamping dan sedikit lebih pelan. Tentu saja teknik ini memiliki tujuan agar suara atau tone yang dihasilkan lebih lembut dan juga soft. Teknik ini biasanya digunakan oleh mereka para drummer musik jazz dan swing.
    Cara Belajar Main Drum Untuk Pemula (Secara Otodidak)
  4. Hi-Hat Sebagai Pengatur Tempo Drum. Pada kaki kiri, kita perlu memainkan hi-hat dengan baik. Tidak hanya sebagai cymbal saja, namun hi-hat ini juga merupakan sebuah pengatur tempo dan ketukan bagi para drummer. Biasanya, hi hat akan membagi bagian-bagian dari permainan ke dalam bentuk beberapa bar dan akan diperjelas dengan membukanya (Hi-Hat). Dengan kata lain, kita perlu mengetuk hi hat yang tertutup lalu membukanya pada bagian terakhir sebelum memulai bar selanjutnya. Jadi, menginjak pedal hi-hat juga perlu dengan aturan tersendiri. Kita harus menentukan open hi-hat pada ukuran 0, 1/2, 1/4, 1 (full) karena hasil dari suara juga akan berbeda.
  5. Bermain Drum Untuk Pemula Dengan Ketukan Dasar. Bagi pemula sebaiknya belajar drum secara bertahap, disertai rasa sabar pula. Mulailah berlatih dan bermain drum dari ketukan snare, seperti single stroke, double stroke, triplets, dan lainnya. Selanjutnya, kita bisa mengembangkannya dengan cara memadukan ketukan kaki kanan (bass drum) dan kaki kiri (pedal hi hat), tangan kanan (hi hat) dan tangan kiri (snare drum). Hitung ketukan hi hat sebanyak 8 kali lalu sisipkan ketukan bass drum pada 1 dan 5, dan ketukan snare drum pada hitungan ke 3 dan 7. Hitung berulang ulang kali dengan hi-hat juga.

Itulah tips-tips sederhana Cara Belajar Main Drum Untuk Pemula. Kita dapat belajar bermain drum secara otodidak dan tidak mengeluarkan biaya apa pun, hanya kemauan dan kerja keras. Lama tidaknya atau sehebat apa kita menguasai teknik drum, itu tergantung pada diri kita masing-masing. Semakin lama kita berlatih, maka semakin cepat pula teknik bermain drum yang akan kita kuasai.

Baca juga: