search-button

6 Cara Belajar Gitar Akustik Untuk Pemula

   
Anakmusik - Belajar Gitar Akustik Untuk Pemula. Belajar gitar secara otodidak bisa kalian lakukan dengan mudah hanya mengikuti beberapa pembelajaran di bawah ini. Tahap – tahap di bawah ini akan membawa kalian pada cara bermain gitar dengan baik dan benar.  Hal – hal yang dibutuhkan untuk menguasai gitar dengan cepat adalah memiliki kemauan. Salah satu cara sederhananya yaitu berlatih dengan giat dan latihan dengan waktu yang efektik.

Belajar gitar secara otodidak terbilang sulit untuk dipahami, namun disini saya akan memberikan pembelajarannya secara lengkap dan sederhana, sehingga kalian akan mudah dan mampu menguasai apa yang saya sampaikan dengan cepat. Tips berikut ini juga berlaku untuk pembelajaran gitar akustik, listrik atau elektrik, bahkan sebagian dapat juga diterapkan untuk pembelajaran gitar bass.

6 Cara Belajar Gitar Akustik Untuk Pemula

Tahap awal yang akan saya berikan dalam belajar gitar akustik untuk pemula yaitu: belajar cara menyetem gitar dengan baik, belajar senam jari gitar, mengetahui kunci dasar gitar, belajar memetik dan menggenjreng gitar, dan terakhir memainkan gitar dengan kunci lagu yang sederhana.

  1. Cara Menyetem Gitar. Pasangkan terlebih dahulu semua senar gitar dengan rapi, lalu stem ke nada akurat. Untuk menyetel gitar ke nada akurat, kalian dapat menggunakan beberapa cara akan tersaji di artikel berikut ini: Cara Menyetem Gitar (Otomatis dan Manual)
  2. Senam Jari Gitar. Setelah senar bernada akurat, kalian harus menguasai teknik senam jari kanan dan kiri. Hal ini bertujuan untuk melenturkan jari-jari tangan agar tidak kaku dan akan mudah memindahkan dari satu nada ke nada lainnya. Silahkan baca: Cara Senam Jari Gitar
  3. Kunci Dasar Gitar Untuk Pemula. Di artikel ini saya menyertakan gambar-gambar kunci dasar gitar lengkap beserta keterangannya, tentu saja ini akan mempermudah kalian untuk menghapal dan memainkannya dengan baik. Kunci Dasar Gitar Bagi Pemula
  4. Cara Memetik Gitar. Setelah kalian hapal dengan beberapa kunci dasra gitar di atas, kalian dapat bermain gitar dengan teknik petikan. Baca: Cara Memetik Gitar Akustik.
    Belajar Gitar Akustik Untuk Pemula
  5. Menggenjreng Gitar. Jika permainan petikan gitar kalian sudah terbilang cukup, alangkah baiknya memainkan kunci gitar tersebut dengan menggenjrengnya. Cara mengenjreng gitar bisa kalian simak berikut ini: Tips Cara Menggenjreng Gitar Akustik
  6. Memainkan Gitar Dengan Lagu Sederhana. Setelah semuanya terkuasai, kalian dapat memainkan gitar menggunakan lagu yang memiliki nada sederhana, seperti halnya kunci dasar C Am Fm G dan sebagainya. Ingat, perhatikan juga tempo!

Itulah beberapa tips cara belajar gitar untuk pemula Ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui saat belajar gitar otdidak, diantaranya: bagian ujung jari akan terasa sakit, kulitnya akan menebal. Istirahatkan terlebih dahulu saat tangan kalian seperti itu dan mulai kembali jika sudah sembuh. Berapa lama dapat belajar gitar dengan baik? Waktu yang kalian butuhkan untuk dapat bermain gitar dengan baik kurang lebih satu bulan.

Baca juga: