search-button

Cara Belajar Backing Vokal Bagi Pemula

   
Karya Terpopuler
AnakmusikCara Belajar Backing Vocal Bagi Pemula. Ini merupakan tips bernyanyi dengan suara 2 atau lebih tepatnya lagi dapat disebut dengan backing vocal. Backing vokal adalah penyanyi yang memberikan harmoni vokal dengan vokalis utama maupun backing vokal lainnya. Dalam beberapa hal, seorang backing vokal bisa bernyanyi sendiri sebagai pemimpin ke suara vokalis utama. Dalam musik metal dan rock, musisi yang melakukan backing vokal juga memainkan instrumen, drum, keyboard, gitar elektrik, maupun gitar bass.

Bernyanyi backing vokal tidak bisa dianggap mudah begitu saja, kita perlu menguasai teknik-tekniknya dengan baik dan benar. Dan, disini saya akan memberikan tips tentang bagaimana cara belajar vokal bagi pemula dengan langkah-langkah sederhana dan tentunya mudah untuk dipahami. Untuk dapat bernyanyi menggunakan suara dua, kita perlu tahu juga sedikit dasar-dasar teknik vokal yang baik dalam bernyanyi, karena penyanyi backing vokal juga sangat membutuhkan itu.

Cara Belajar Backing Vocal Bagi Pemula

Silahkan baca: Teknik Vokal Yang Baik Dalam Bernyanyi. Setelah kalian menyimak pengertian tersebut, saatnya kita mengupas bersama tentang cara belajar backing vokal dalam bernyanyi, seperti penjelasan di bawah ini.

  1. Untuk menjadi Backing Vocal, kalian harus memiliki kemampuan bermusik (terutama musik melodis dan harmonis) seperti piano, keyboard dan gitar. Ini akan memudahkan kalian belajar menjadi Backing Vocal. Ada beberapa teknik khusus untuk mempelajari dan mengetahui nada mana yang cocok untuk suara 2 yang akan kita gunakan.
  2. Alto atau suara 2 (dua), mengambil harmoni lebih rendah dari suara satu, jarak terdekat, bisa (terts, kwart maupun kwint) tergantung aransemen. Bagaimana cara menentukan suara 2?
    Cara Belajar Backing Vokal Bagi Pemula
  3. Cara untuk mencari suara dua: Mengetahui kunci nada suara 1. Contoh: Jika suara 1 di nada C, maka chord nya di C juga. Nada untuk Chrod C yaitu C – E – G. Untuk memperoleh suara 2, (berdasarkan contoh) kita mengambil di nada E (suara 2 yang lebih tinggi dari suara 1) dan mengambil di nada G jika suara lebih rendah dari suara 1.

Jadi, seperti itulah cara belajar bernyanyi Backing Vocal atau dengan suara 2. Cara ini memang bukan cara yang mutlak, dan tidak semua lagu bisa diterapkan dengan cara ini. Namun, jika memang cara ini cocok atau enak di dengar, kalian bisa menggunakannya, dan abaikan jika cara ini tidak sesuai dengan lagu yang akan dinyanyikan.

Baca juga: