search-button

Belajar Bass Gitar Otodidak Dengan Mudah Bagi Pemula

   
Karya Terpopuler
AnakmusikBelajar Bass Gitar Otodidak Dengan Mudah Bagi Pemula. Tidak sulit belajar gitar bass secara otodidak, karena yang menentukan hanya kemauan kita sendiri dalam berlatih. Pada umumnya fungsi alunan bass pada musik merupakan tempo yang biasanya dipadukan dengan suara alat musik drum. Ibaratnya, musik tanpa suara bass bagaikan sayur tanpa garam. Jadi, bass merupakan instrument penting dalam sebuah alunan musik. Gitar bass juga dapat dimainkan secara solo, dan gitar bass yang biasa digunakan memiliki 4 senar, namun terdapat juga gitar bass yang memiliki senar 6.

Terdapat teknik-teknik bermain bass yang bisa kita pelajari, seperti teknik Alternate Picking, Up Down Thumb, Slapping, Popping, Tapping, dan teknik Neck Bending. Teknik-teknik bermain gitar bass tersebut akan saya kupas secara lengkap di artikel berikutnya. Sekarang saya akan memberikan informasi dasar tentang cara belajar bass gitar otodidak untuk pemula. Tips-tips belajar gitar bass ini saya suguhkan secara lengkap, namun dibagi ke beberapa artikel. Hal ini bertujuan agar memudahkan pemula untuk lebih mudah memahami dan dapat mempelajarinya dengan baik dan benar.

Belajar Bass Gitar Otodidak Dengan Mudah Bagi Pemula

Untuk dapat bermain gitar bass dengan baik dan benar, kita perlu menentukan waktu latihan yang efektif, dalam artian harus teratur. Usahakan setiap hari kurang lebih satu hingga dua jam. Apa saja tahap-tahap dasar belajar bermain bass secara otodidak untuk pemula?

  1. Stem Gitar Bass Ke Nada Akurat. Kamu bisa menyetem gitar bass secara otomatis menggunakan aplikasi penyetem gitar. Menyetel gitar bass menggunakan aplikasi akan mempermudah proses latihan dibanding menyetem gitar secara manual.
  2. Latihan Senam Jari Bass. Untuk melatih jari kita lebih lentur dan mudah bergerak dari satu kunci nada ke nada lainnya, kamu perlu melakukan Fingering Gitar Bass setiap hari. Lakukan senam jari tersebut hingga pergerakan jari lancar, tidak kaku dan suara petikan senar gitar bass terdengar jernih dan nyaring.
    Belajar Bass Gitar Otodidak Dengan Mudah Bagi Pemula
  3. Kunci Dasar Gitar Bass. Sekarang saatnya mempelajari kunci-kunci gitar dasar gitar bass. Jangan terburu-buru menghapal semua kunci/kord.chord gitar bass secara lengkap, namun cukup beberapa kunci dasarnya saja dahulu, seperti: A-B-C-D-E-F-G.
  4. Memainkan Bass Dengan Lagu Yang Mudah. Cari lagu yang memiliki nada dengan kunci gitar bass seperti di atas. misal: C-A-F-G, B-D-G-A, D-A-B-G dan lainnya.

Tahap-tahap belajar bass gitar otodidak seperti di atas harus dilakukan dengan jadwal latihan yang teratur. Prediksi saya: Jika setiap hari kamu latihan bermain gitar bass dengan langkah-langkah tersebut, maka dalam waktu satu minggu pun sudah dapat memainkan lagu dengan baik dan rapih. Ingat, latihan teratur dan semangat berlatih.


Baca juga: