search-button

Pages

Mengenal Bagian Gitar Ukulele Beserta Fungsinya

   
AnakmusikMengenal Bagian Gitar Ukulele Beserta Fungsinya. Gitar ukulele merupakan alat musik petik yang memiliki ukuran kecil, lebih tepatnya 3/4 dari gitar akustik biasanya. Gitar ukulele sendiri terbagi ke 4 bagian dengan model dan ukuran yang berbeda. 4 model ukulele tersebut diantaranya: Soprano, Concert, Tenor, dan Baritone. Jumlah dari senar ukulele juga bervariasi, ada yang memiliki senar 3, senar 4, dan senar 6.

Di Indonesia sendiri gitar ukulele cukup populer digunakan oleh musisi profesional maupun orang biasa yang hanya menyalurkan hobinya saja. Namun, apakah kamu tahu nama-nama bagian yang terdapat pada gitar ukulele, beserta fungsinya pula? Jika tidak, berarti kamu perlu menyimak informasi yang akan saya berikan di bawah ini.

Mengetahui Bagian Gitar Ukulele Beserta Fungsinya

Dari setiap alat musik tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda, sebagian orang ada yang mengetahui namanya saja, dan sebagian orang juga hanya mengetahui fungsi namun tidak dengan namanya. Namun, di artikel kali ini saya akan memberikan informasi secara lengkap dengan tema “Bagian Gitar Ukulele Beserta Fungsinya”. Perhatikan gambar di bawah ini!
  1. Body. Fungsi dari body yaitu sebagai wadah atau penampung dari partikel-partikel gitar mulai dari A sampai Z. Bisa dibilang ini adalah tubuh dan bagian punggung gitar.
  2. Bridge. Fungsi dari bridge adalah sebagai penahan senar pada badan gitar. Senar dibentangkan dari Bridge sampai ke Tuning Pegs.
  3. Soundhole. Seperti dari arti namanya (lubang suara), yaitu lubang yang berfungsi untuk mengeluarkan bunyi yang dihasilkan oleh getaran senar saat kita petik.
  4. Frets. Kebanyakan disebut dengan grip, namun nama modernnya yaitu fret. Fret sendiri berfungsi untuk membagi setiap ruangan nada-nada yang tertera pada bagian neck gitar.
  5. Nut. Fungsi Nut adalah untuk mengatur penempatan semua senar gitar, dari senar satu hingga senar 4. Karena tanpa adanya nut, senar gitar tidak akan konsisten di tempatnya.
  6. Tuning Keys. Tuning Keys berfungsi sebagai pengatur tegangan senar. Lebih tepatnya sebagai sarana untuk menyetel/menyetem/menyesuaikan nada yang sesuai dengan apa yang Kita kehendaki.
  7. Head. Head berfungsi sebagai penahan senar gitar yang sudah benar, sehingga kita bisa dengan leluasa memainkan gitarnya.
  8. Neck. Untuk Neck ini banyak dikenal dengan sebutan Setang Gitar. Fungsi dari Neck tersebut yaitu untuk meletakan Head, Tuning, Nut, Fingerboard, dan Fret. Di dalam Neck ini juga biasanya terdapat besi yang berfungsi untuk meluruskan Neck agar (tidak cekung/cembung).

Bagaimana, sekarang kalian sudah tahu bukan Bagian Gitar Ukulele Beserta Fungsinya?

Baca juga: