search-button

Cara Merawat Gitar Akustik Agar Suaranya Tetap Bagus dan Nyaring

   
AnakmusikCara Merawat Gitar Akustik Agar Suaranya Tetap Bagus dan Nyaring. Terdapat langkah-langkah cara membuat suara gitar nyaring, membersihkannya menggunakan pembersih khusus gitar akustik, atau dapat juga menggunakan minyak kayu putih. Membersihkan bagian senar, leher (neck) dan badan (body) gitar agar mengkilap. Tidak hanya membersihkannya saja, namun untuk menghasilkan suara gitar akustik agar suaranya bagus dan tetap nyaring, kita perlu juga menjaga kondisinya agar awet dan tahan lama, dari mulai tempat penyimpanan dan lainnya.

Di bawah ini saya akan memberikan tips cara merawat gitar akustik dengan baik dan benar. tips ini bertujuan agar gitar yang kamu genggam tetap memiliki suara yang bagus, terdengar indah dan nyaring saat dimainkan. Tidak hanya untuk menghasilkan suara gitar akustik bagus saja, tetapi tips-tips ini juga akan membuat gitar yang kamu miliki tidak mudah rusak, seperti mudah melengkung, keropos, dan kerusakan-kerusakan lainnya.

Cara Merawat Gitar Akustik Agar Suaranya Tetap Bagus dan Nyaring

  1. Jangan menyimpan atau memainkan gitar akustik di bawah sinar matahari terlalu lama. Ini akan mengakibatkan bagian (neck) leher gitar mudah melengkung dan bagian badan (body) gitar mudah retak.
  2. Ganti senar gitar akustik jika sudah tidak layak pakai, seperti adanya karat atau lengkungan. Karat senar gitar akan menempel pada bagian fret dan hal ini akan merusak bagian fret dan suara gitar saat dimainkan.
  3. Bersihkan gitar menggunakan kain tipis dan minyak pembersih khusus yang bisa kita temui di toko aksesoris gitar terdekat. Atau dapat juga menggunakan tisu dan minyak kayu putih. Jangan membersihkan gitar akustik menggunakan air!
    Cara Merawat Gitar Akustik Agar Suaranya Tetap Bagus dan Nyaring
  4. Jika akan menyimpan gitar akustik untuk waktu yang lama, kendorkan atau lepas senar gitar. Hal ini bertujuan untuk menghindari lengkungan pada bagian stang gitar.
  5. Simpan gitar akustik kedalam softcase atau hardcase (wadah) gitar dan berikan kapur barus agar tidak ada hewan-hewan kecil menggerogoti gitar akustikmu.

Bagaimana, tips cara merawat gitar akustik agar tetap awet dan tahan lama sangat sederhana bukan? Dengan mengikuti tahap-tahap di atas, gitar akustik yang kamu miliki akan tetap mengeluarkan bunyi yang bagus dan nyaring. Semoga informasi Cara Merawat Gitar Akustik Agar Suaranya Tetap Bagus dan Nyaring ini dapat bermanfaat bagi kamu dan pemain gitar akustik lainnya.

Baca juga: