search-button

Cara Merawat Gitar Listrik (Elektrik) Dengan Baik dan Benar

   
Anakmusik - Cara Merawar Gitar Listrik Dengan Baik dan Benar. Disini saya akan memberikan tips cara merawat gitar elektrik atau listrik agar suaranya tetap bagus dan jernih saat dimainkan. Cara ini berlaku untuk semua tipe atau merk gitar akustik elektrik, seperti ibanez, yamaha dan lainnya. Bahkan gitar tremolo up down pun juga bisa. Selain dapat membuat suara gitar lebih baik, cara ini juga dapat membuat gitar yang kamu miliki tetap awet dan terjaga dari adanya berbagai kerusakan kecil maupun besar.

Tips cara merawat gitar listrik ini sangat sederhana, bahkan beberapa diantaranya kamu pun pasti sudah mengetahuinya. Namun, setidaknya saya akan memberikan lebih lengkap lagi bagaimana tahap-tahap merawat gitar listrik dengan baik dan benar, barangkali ada salah satu yang belum kamu ketahui sebelumnya. Perlu kamu ketahui juga, bahwa cara merawat gitar elektrik ini tidak membutuhkan biaya yang cukup besar. Mau tahu kenapa? Silahkan simak penjelasan di bawah ini!

Cara Merawat Gitar Listrik (Elektrik) Dengan Baik dan Benar

  1. Bersihkan seluruh bagian gitar listrik jika sudah dipakai. Pertama-tama, bersihkan terlebih dahulu bagian body gitar menggunakan kain lembut, gunakan juga minyak pembersih gitar khusus, atau bisa juga menggunakan minyak kayu putih. Pastikan kain yang digunakan tipis, lembab dan lap hingga area gitar kering.
  2. Selanjutnya bersihkan bagian drayer atau tuning yang berfungsi untuk menyetem senar, handle, tremolo, bagian belakang dan baud-baud yang menempel pada body gitar. Bersihkan menggunakan minyak kelapa, dan pastikan hingga kering tidak ada debu maupun keringat yang menempel.
    Cara Merawat Gitar Listrik (Elektrik) Dengan Baik dan Benar
  3. Ganti senar gitar listrik kamu jika sudah tak layak pakai, seperti adanya karat. Hal ini akan mempengaruhi suara gitar elektrik saat dimankan. Bahkan, adanya karat pada senar akan membuat bagian fret mudah rusak.
  4. Jika anda tidak akan menggunakan gitar untuk jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya kendorkan atau lepas semua senar.
  5. Simpan gitar dalam softcase maupun hardcase dan simpan juga kapur barus didalamnya.
  6. Jika tidak memiliki tempat penyimpanan keduanya, kamu dapat menyimpannya menggunakan stand gitar dan taruh pada ruangan yang bersuhu tidak lembab. Seperti memiliki ventilasi ruangan sirkukasi udara yang berjalan baik.

Itulah tips cara merawat gitar listrik agar tetap menghasilkan suara yang bagus, nyaring dan tidak mudah rusak. Beberapa hal yang harus dihindari diantaranya: Jangan menyimpan gitar pada bagian dinding tembok, jangan membersihkan gitar dengan air, dan hindari dari sinar matahari terlalu lama. Semoga tips cara merawat gitar listrik di atas dapat memberi informasi yang bermanfaat bagi kamu dan pemain gitar lainnya.

Baca juga: