search-button

3 Cara Menyetem Gitar Ukulele Senar 4 Dengan Mudah

   
Karya Terpopuler
AnakmusikCara Tunning/Menyetem/Menyetel Kentrung/Kencrung/Ukulele Senar 4. Stel atau stem gitar ukulele bisa Anda lakukan dengan beberapa cara, secara manual dan otomatis menggunakan alat atau aplikasi stem gitar ukulele senar 3, 4, maupun 6. Untuk alat stem gitar khusus ukulele, kita bisa menemukannya di toko-toko aksesoris musik terdekat, tentunya dengan harga dan merk yang bervariasi. Sedangkan untuk aplikasi stem gitar ukulele, kita bisa mendapatkannya secara gratis di smartphone android maupun iOs Smartphone seperti iPhone, iPad dan lainnya.

Untuk kali ini saya akan sekaligus memberikan informasi tentang 3 Cara Menyetem Gitar Ukulele Senar 4 Dengan Mudah. Dari mulai menggunakan alat, software atau aplikasi, dan menyetel gitar ukulele senar 4 secara manual. Tentunya informasi ini berharap dapat memberikan wawasan yang lebih baik lagi, khususnya bagi pemula yang belajar gitar ukulele secara otodidak.

3 Cara Menyetem Gitar Ukulele Senar 4 Dengan Mudah

  1. Tuner (Alat Untuk Stem Gitar Ukulele). Terdapat dua pilihan tuner yang tersedia di pasaran: Stompbox dan Clip. Keduanya jelas memiliki fasilitas yang sama, perbedaannya hanya disimpan depan gitar (Stompbox) dan dikaitkan (Clip) pada ujung gitar. Cara menyetem gitar ukulele menggunakan tuner sangat mudah: Kita hanya memasukan setiap ujung kabel ke gitar dan tuner, bahkan tanpa kabel pun juga bisa. Selanjutnya petik salah satu senar gitar hingga garis dalam tuner tepat berada di posisi tengah sesuai nada.
    Cara Tunning/Menyetem/Menyetel Kentrung/Kencrung/Ukulele Senar 4
  2. Cara Menyetel Gitar Ukulele Senar 4 Menggunakan Aplikasi. Di zaman yang serba canggih ini kita harus benar-benar memanfaatkannya. Kita dapat menyetem gitar ukulele menggunakan aplikasi gratis dan terbaik yang banyak juga digunakan oleh semua orang. Cara menyetem gitar ukulele menggunakan software atau aplikasi sama saja seperti cara ke satu, namun tanpa menggunakan kabel. (Aplikasi Steam Gitar Ukulele Gratis).
    Cara Tunning/Menyetem/Menyetel Kentrung/Kencrung/Ukulele Senar 4
  3. Cara Menyetem Gitar Ukulele Secara Manual. Cara ini terbilang cukup susah bagi pemula, namun tidak ada salahnya juga jika anda mencobanya. Dengan cara ini kita tidak membutuhkan peralatan, hanya felling dari nada senar gitar sendiri. Tentukan senar gitar 1 ke nada (A). Pada senar ke 2 (E), fret ketiga samakan nadanya dengan senar 4 (G), tanpa ditekan. Pada senar 3 (C), tekan fret keempat dan samakan nadanya dengan senar 2 (E), tanpa ditekan. Pada senar 4 (G), tekan fret kedua dan samakan nadanya dengan senar 1 (A) tanpa ditekan. Lihat gambar di bawah ini.
    Cara Tunning/Menyetem/Menyetel Kentrung/Kencrung/Ukulele Senar 4
Itulah 3 cara menyetem gitar ukulele senar 4 dengan baik. Anda dapat mencoba salah satu dari ketiga cara di atas.

Baca juga: