search-button

Cara Menyetel Senar Gitar Ukulele Senar 4 Dengan Cepat Dan Mudah

   
AnakmusikCara Menyetel Senar Gitar Ukulele Senar 4 Dengan Baik dan Benar. Ukulele merupakan salah satu gitar unik yang banyak digemari oleh semua orang, terutama musisi atau pemain gitar profesional. Ukulele memiliki beberapa jenis, ukulele senar 3, senar 6, dan ukulele senar 4. Cara stel gitar ukulele juga hampir sama dengan gitar pada umumnya, memetik salah satu senar dan senar lainnya, lalu mencocokan nadanya.

Cara menyetel gitar ukulele senar 4 terbilang susah bagi pemula, namun dengan mengikuti tahap-tahap ini, anda dapat dengan mudahnya membuat nada gitar akurat seperti pada umumnya. Cara yang akan saya tunjukan ini sangat sederhana, anda pun pasti dapat memahami dan melakukannya dengan baik.

Cara Menyetel Senar Gitar Ukulele Senar 4 Dengan Cepat Dan Mudah

Nada gitar ukulele senar 4 yaitu: G-C-A-E, untuk menyetelnya senar gitar ukulele senar 4, anda harus memulainya dari senar 1 (A) bawah, seperti gambar berikut.

  1. Atur terlebih dahulu senar gitar 1 ke nada (A)
  2. Pada senar ke 2 (E), fret ketiga samakan nadanya dengan senar 4 (G), tanpa ditekan.
  3. Pada senar 3 (C), tekan fret keempat dan samakan nadanya dengan senar 2 (E), tanpa ditekan. Pada senar 4 (G), tekan fret kedua dan samakan nadanya dengan senar 1 (A) tanpa ditekan.
    Cara Menyetel Senar Gitar Ukulele Senar 4 Dengan Cepat Dan Mudah
Seperti itulah cara sederhana dalam menyetel gitar ukulele senar 4 ke nada standard. Untuk pemula mungkin terbilang sulit, namun tidak ada salahnya jika anda mencobanya. Jika cara ini memang sangat sulit dan sama sekali anda tidak mengerti, anda dapat mencoba menyetel gitar ukulele senar 4 secara otomatis menggunakan aplikasi “Cara Stem/Stel/Tuning Gitar Ukulele Senar 4 dengan Aplikasi”.

Baca juga