search-button

Cara Membuat Spul Gitar Listrik Sendiri Dengan Bahan Sederhana

   
Karya Terpopuler
AnakmusikCara Membuat Spul Gitar Listrik Sendiri. Pernahkan anda berpikir dapat membuat spul gitar elektrik atau akustik sendiri menggunakan peralatan sederhana dan seadanya? Jika iya, tentunya hal ini akan menarik untuk kita simak. Kita dapat membuat sebuah spul gitar elektrik dengan bahan microphone atau barang komponen lainnya. Pembuatan spul gitar listrik tidak membutuhkan biaya atau harga yang cukup mahal, dibanding membeli spul gitar yang siap digunakan.

Masih penasaran bagaimana cara membuat spul gitar sendiri? Untuk kali ini saya akan memberikan informasi cara membuat spul gitar listrik atau elektrik terlebih dahulu, namun di artikel selanjutnya kita akan mengetahui juga bagaimana cara membuat spul gitar akustik sendiri dengan bahan dan perlengkapan sederhana.

Cara Membuat Spul Gitar Listrik Sendiri Dengan Bahan Sederhana

Bahan dan peralatan untuk membuat spul gitar listrik:
  1. 2 Buah plat isolator tipis dari bahan plastik maupun kayu. Bahan ini dapat kita temukan di wadah keping kaset.
  2. 1 Potong kayu untuk sekat bobbin dengan ketebalan 0,7 mm - 1 cm.
  3. 1 Kawat email (kabel lilitan tembaga) dengan diameter 0,1 hingga 0,15 mm.
  4. 6 buah skrup kecil yang berukuran 3/16.
  5. Kabel secukupnya, magnet batangan permanen, lilin dan lem secukupnya.

  1. Setelah semua peralatan dan bahan di atas sudah siap, selanjutnya kita ke proses langkah pembuatan spul gitar listrik atau elektrik.
  2. Siapkan potongan kayu dan beri sebanyak 6 lubang untuk meletakan skrup. Skrup tersebut nantinya akan difungsikan sebagai lilitan yang terhubung dengan magnet.
  3. Potong plat isolator menjadi 2 bagian dengan ukuran sedikit lebih besar dibandingkan ukuran kayu. Plat isolator ini digunakan untuk menahan lilitan, dan plat tersebut akan ditempatkan diantara celah isolator tipis yang harus disekat lagi dengan kayu.
  4. Rekatkan semua bahan menggunakan lem, dan tunggu hinga benar-benar kering.
  5. Beri lubang pada plat sesuai dengan lubang pada kayu.
  6. Anda harus membuat bobbin seperti gambar dibawah ini.
    Cara Membuat Spul Gitar Listrik Sendiri
  7. Lilitkan kawat email sebanyak 1.000 sampai 5.000 lilit. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, sebaiknya anda melakukan lilitan lebih dari 3.000 lilit.
  8. Sambungkan kedua ujung kawat menggunakan kabel. Masukan ke dalam lubang bobbin yang telah disiapkan sebelumnya dan rendam dalam cairan lilin yang telah dipanaskan.
  9. Pasang magnet permanen. Namun sebelum itu rekatkan ujung baut di bagian bawah pick up, dan amplas hingga semua bagian rata dan halus.

Itulah sedikit informasi mengenai cara membuat spul gitar listrik sendiri dengan biaya murah dan terjangkau. Semoga informasi di atas ini dapat memberikan manfaat begitupun inspirasi bagi para pembaca.

Baca juga: