search-button

3 Cara Bernyanyi Agar Tidak Fals (Tips Vokal)

   
AnakmusikCara Bernyanyi Agar Tidak Fals. Tips vokal kali ini kita akan mengupas cara menghilangkan suara fals saat bernyanyi. Semua orang di dunia pasti bisa bernyanyi, tanpa kecuali orang bisu atau disebut pula dengan tunawicara. Kegemaran bernyanyi menjadi salah satu hobi bahkan cita-cita. Ada yang Ingin menjadi penyanyi profesional atau hanya sekedar bernyanyi karena hobi saja. Berbicara soal nyanyi, tentu saja tahu dengan nama “FALS”, dan semua orang benci dengan hal itu.

Apakah Anda tahu arti atau sejarah dari nama Fals? Fals diambil dari bahasa Belanda yang memiliki arti menyimpang. Hal ini ditujukan dalam menyanyi atau memainkan alat musik yang berbunyi atau mengeluarkan nada menyimpang. Lalu, bagaimana cara bernyanyi agar tidak fals, apakah ada cara khusus? Untuk lebih jelasnya lagi, di bawah ini saya memiliki beberapa tips sederhana cara mengatasi suara agar tidak fals saat bernyanyi, silahkan simak baik-baik.

3 Cara Bernyanyi Agar Tidak Fals (Tips Vokal)

  1. Berlatih Vokal dengan Solfegio atau Solfej. Ini merupakan cara untuk melancarkan vokal yang kaku saat bernyanyi. Anda bisa melakukan latihan dengan teknik ‘moamiamo’. Coba anda ucapkan dengan nada berikut: | 1 3 | 2 4 | 3 5 | 4 2 | 1 . | . . | . . | (mo o a a mi i a a mo). Ulang nada demi nada hingga Anda menguasainya dengan baik. Buat “Moamiamo” pertama dengan terendah, lalu beranjak ke nada-nada tinggi secara bertahap hingga terkuasai.
  2. Mengatasi Fals Saat Bernyanyi atau Latihan. Tutuplah telinga kiri atau kanan Anda saat bernyanyi. Dengan ini anda dapat lebih mendengar dan mengendalikan nada-nada yang keluar. Cara ini juga dapat Anda gunakan ketika bernyanyi di atas panggung maupun latihan di rumah. Tapi, biasakan jangan terlalu sering menutup telinga, fokus juga terhadap penampilan, cukup menutup telinga hanya pada bagian nada-nada tertentu saja, saat nada tidak terkendali.
    Cara Bernyanyi Agar Tidak Fals (Tips Vokal)
  3. Cara Membuat Nafas Menjadi Panjang Saat Bernyanyi. Posisi berdiri badan tegak, tarik nafas sampai hitungan 10 detik menggunakan nafas perut. Pada hitungan 10 perut mengembung. Di hitungan 10 detik berikutnya, tahan nafas Anda hingga perut benar-benar keras. Lalu di 10 detik berikutnya lagi, keluarkan nafas melalui mulut secara perlahan.

Itulah beberapa tips mengatasi suara fals saat bernyanyi. Lakukan latihan-latihan sederhana di atas, hingga Anda benar-benar mendapatkan cara terbaik dalam bernyanyi. Semoga informasi Cara Bernyanyi Agar Tidak Fals (Tips Vokal) ini mampu memberi sedikit wawasan dan perubahan terhadap kualitas vokal anda saat bernyanyi.

Baca juga: