search-button

5 Tips Panduan Belajar Gitar Untuk Pemula

   
Alat musik ini sudah menjadi kesukaan banyak orang. Nggak hanya karena keren, tapi juga karena efeknya terhadap jiwa dan raga. Bermain gitar terbukti memproduksi dopamin yang bertanggung jawab atas rasa senang dan puas dalam otak kita.

Nggak hanya itu saja, menurut studi, bermain gitar bisa melepaskan kamu dari berbagai tekanan hidup dengan mengurangi stres berlebih.

Bagi kamu yang baru mulai belajar bermain gitar, pasti mengerti kalau awal belajar gitar adalah masa-masa paling sulit. Memang butuh adaptasi keras dan komitmen untuk bisa bermain gitar. Tapi, jangan takut, belajar gitar akan lebih mudah kalau kamu ikuti 5 tips ini.

5 Tips Panduan Belajar Gitar Untuk Pemula

1. Pilih jenis gitar yang sesuai
Belajar bermain gitar nggak mudah, akan lebih sulit lagi ketika kamu memilih gitar yang nggak cocok denganmu dari awal. Bayangkan ketika kamu mencoba untuk mempelajari sebuah akor yang membutuhkan kamu untuk merentangkan jari kamu.

Kalau gitar kamu lebih besar dibanding ukuran jarimu, maka untuk mempelajari akor tersebut akan sangat susah. Gitar yang terlalu berat juga bakal membuat kamu lebih mudah capek.

Gitar mempunyai 2 jenis senar, yaitu senar nilon dan senar kawat. Untuk pemula yang sama sekali belum pernah mencoba bermain gitar, lebih baik kamu mulai dengan gitar nilon dulu karena jari akan lebih “menderita” ketika kamu bermain gitar dengan senar kawat. Setelah terbiasa, mungkin kamu bisa mengganti gitar sesuai dengan jenis musiknya.

2. Mulai dengan lagu yang gampang dan sederhana
Kalau kamu baru mulai belajar bermain gitar, kamu pasti akan mulai dari akor yang mudah seperti D atau Em. Kamu nggak akan memulai dengan akor yang susah. Maka dari itu, ketika kamu ingin belajar cepat cara bermain gitar, pastikan kamu sudah menguasai akor-akor mudah.

Ketika kamu mempelajari akor-akor yang sederhana, sebaiknya kamu juga belajar memainkan lagu yang menggunakan akor tersebut. Jangan mencoba untuk berlatih dengan lagu yang mempunyai akor sulit, karena kamu nggak akan terfokus dengan akor-akor awal.

Kalau kamu mencoba bermain dengan lagu yang terlalu sulit, otomatis kamu akan kesusahan sendiri dan mungkin kamu akan merasa kalau kamu nggak terlalu berbakat. Kalau sudah begini, kamu berpotensi lebih mudah menyerah.

Usahakan untuk memainkan lagu-lagu mudah yang kamu sukai. Jika tidak tahu bagaimana cara untuk memulai, kamu bisa mencari kunci gitar di situs web. Saat ini telah ada banyak sekali situs untuk belajar gitar bermunculan, misalnya www.ultimate-guitar.com, atau www.chordband.com atau mungkin www.e-chords.com. Kalau kamu bisa memainkan satu lagu dengan sempurna, kamu juga akan merasa lebih termotivasi.

3. Gunting kuku dan manfaatkan jari “kapalan”
Kesalahan pertama yang biasa dilakukan oleh banyak orang adalah memainkan gitar dengan kuku panjang. Kuku yang panjang justru mempersulit jari kamu untuk bisa menekan senar dengan teratur.

Ketika kamu menekan senar dengan kuku yang panjang, pasti kamu tahu kalau senar tersebut nggak akan mengeluarkan suara indah. Suara gitar akan “tertahan” karena kukumu mengganjal tekanan jarimu, jadi jarimu nggak menekan senar secara penuh.

Kamu juga akan merasakan sakitnya jari kamu ketika belum terbiasa bermain gitar. Tapi, kalau kamu menahan rasa sakit dan memanfaatkan jari-jari kamu yang kapalan, kamu bisa memainkan gitar dengan lebih mudah dan hasilnya pun memuaskan.

Jadi, jangan takut untuk ‘merusak’ jari-jari kamu ketika belajar gitar, karena jari yang kapalan bisa menjadi penolong.

4. Belajar variasi petikan gitar petik-gitar
Belajar gitar nggak akan menyenangkan dan memotivasi kalau hanya mengulang-ngulang saja. Untuk membangkitkan semangat bermain gitar kamu, cobalah untuk melakukan beberapa variasi memetik senar gitar.

Memang akor yang kamu pelajari mungkin masih terbatas, tapi tahukah kamu kalau sebenarnya ada 7 cara berbeda untuk memainkan akor? Kamu bisa meredam suara gitar dengan telapak tangan kamu selagi mengubah dinamis permainan, kamu bisa juga membagi akor dan memainkannya secara terpisah.
Tips Panduan Belajar Gitar Untuk Pemula
Nggak hanya membangkitkan semangatmu saja, bisa menguasai beberapa variasi pemetikan senar gitar juga memungkinkan kamu untuk memainkan banyak lagu. Nah, siapa bilang belajar gitar itu susah dan membosankan?

5. Jangan malu-malu
Salah satu cara untuk memotivasi dan mempercepat proses pembelajaran kamu adalah dengan turun ke panggung. Bukan panggung profesional, tapi hanya sekedar memperlihatkan apa yang telah kamu pelajari ke orang-orang sekitarmu saja sudah bisa membuatmu lebih semangat.

Memang nggak selalu berujung baik, tapi dijamin kamu akan belajar lebih cepat. Masih nggak percaya? Coba bayangkan ketika awal kamu memulai pekerjaan kamu, mungkin terasa sangat menakutkan dan rasa takut itu akan mendorong kamu untuk menjadi lebih baik. Begitu pula halnya dengan belajar bermain gitar.

Disarankan buat kamu yang benar-benar bergairah tinggi ingin belajar untuk mencoba tips-tips di atas, apalagi yang nomor 5! Bermain gitar memang bukanlah hal yang mudah, tapi dengan komitmen, keberanian, dan kesabaran yang cukup, kamu pasti bisa menguasai alat musik gitar dengan sangat cepat.

Bagi kamu yang ingin melihat-lihat jenis gitar mana yang cocok dengan kamu, www.bajaao.com menyediakan banyak pilihan gitar yang cocok denganmu! Siapkah kamu mewarnai hidup dengan musikmu sendiri?