search-button

Cara Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks Tulisan

   
AnakmusikCara Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks. Adanya sarana untuk mengubah suara menjadi text dapat membuat pekerjaan kita semakin cepat dan lebih ringan lagi, dibanding mengetik di papan keyboard komputer atau laptop. Sebagian orang masih banyak yang belum tahu tentang cara mengubah suara menjadi tulisan, dan mereka lebih memperkerjakan jari-jarinya untuk mengetik dibanding menggunakan Voice Typing secara otomatis.

Disini saya akan memberikan salah satu cara termudah dalam merubah rekaman suara menjadi teks atau tulisan. Cara yang saya suguhkan ini tidak memerlukan software ataupun aplikasi khusus, hanya perlu menyediakan koneksi internet yang stabil dan tentunya perangkat lainnya seperti laptop atau komputer dengan Microphone sebagai media perekam suara.

Cara Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks

Silahkan simak tutorial membuat dan merekam suara menjadi text atau tulisan menggunakan google dokumen berikut ini.

  1. Buka alamat https://docs.google.com/document/
  2. Masukan email beserta password.
  3. Start a new document (Blank).
  4. File, Language, Bahasa Indonesia.
  5. Tools, Voice Typing.
    Cara Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks Tulisan
Silahkan rekam suara anda secara langsung, dan secara otomatis Voice Typing akan mengetik di layar Google Docs yang sedang anda buka. Dalam cara membuat rekaman suara menjadi teks seperti di atas, saya menggunakan Browser Google Chrome. Setelah hasil suara menjadi teks, anda hanya perlu mengedit maupun merapihkannya dengan fitur yang tersedia layaknya seperti Microsoft Office Word.

Baca juga: