search-button

Cara Mudah Membuat Stand Gitar Dari Pipa PVC

   
AnakmusikCara Membuat Stand Gitar Dari Pipa PVC. Untuk kali ini saya akan berbagi cara membuat stand gitar sederhana menggunakan pipa pvc atau lebih kita kenal dengan paralon. Cara buat stand gitar dari pipa sangat mudah, bahan-bahannya pun dapat kita temui di toko-toko matrial atau semacam toko perlengkapan bangunan rumah. Stand gitar pada umunya terbuat dari bahan besi yang setiap ujungnya dipasang karet untuk mengantisipasi adanya coretan atau kerusakan pada dinding gitar. Harga stand gitar besi berkisar antara Rp. 150.000 hingga Rp. 200.000, tergantung kualitas besi dan merk yang ditawarkan.

Terdapat berbagai macam jenis stand gitar yang bisa anda gunakan untuk menyimpan posisi gitar supaya lebih aman dan tidak mudah rusak, seperti stand gitar yang dipasang di dinding (gantung), atau stand gitar dengan dudukan yang tegak untuk disimpan di lantai. Selain itu, anda juga dapat menyesuaikan bahan stand gitar sesuai kebutuhan sendiri, seperti menggunakan stand gitar dari kayu atau dari bahan besi yang dilapisi karet.

Cara Membuat Stand Gitar Dari Pipa PVC

Bagi anda yang mungkin berminat ingin membuka perusahaan stand gitar kecil-kecilan atau semacam hanya ingin berkreasi dengan cara sederhana, anda bisa membuat stand gitar sendiri menggunakan bahan pipa paralon pvc. Membuat stand gitar dari pipa pvc terbilang sangat praktis dibanding membuat stand gitar dari besi dan bahan kayu, pengerjaannya pun tidak begitu merepotkan. Kita hanya perlu membuat konsep atau gambaran bentuk stand gitar yang ingin kita buat, begitu juga dengan ukurannya.

Selanjutnya beli bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti pipa pvc lurus, sambungan bentuk pipa pvc dua dan sambungan pipa pvc dengan lengkungan tiga. Tidak lupa juga membeli (lem) perekat dan gergaji yang khusus untuk merekat dan memotong bahan pipa pvc. Amplas juga dibutuhkan untuk memperhalus bagian pipa. Untuk lebih jelasnya lagi dalam Cara Membuat Stand Gitar Sederhana Dari Pipa PVC, anda bisa melihat bahan-bahan dasarnya dibawah ini.


  1. Siapkan bahan pipa pvc seperti gambar di bawah ini. Pipa-pipa ini sudah dipotong sesuai ukuran dan bentuk stand gitar sederhana, begitu juga bagian pipa sudah diamplas lebih halus. Anda dapat menyesuaikan bahan pipa pvc sesuai bentuk atau ukuran stand gitar yang ingin anda buat.
    Cara Membuat Stand Gitar Dari Pipa PVC
  2. Selanjutnya oleskan perekat disetiap ujung pipa dan sambungkan hingga menjadi bentuk stand gitar yang anda inginkan. Diamkan terlebih dahulu hingga perekat (lem) kering dan  merekat kuat pada pipa. Untuk memperindah lagi stand gitar yang sudah dibuat dari bahan pipa pvc, anda dapat memberi warna sesuai keinginan anda sendiri, sebagai contoh: Di bawah ini merupakan gambar stand gitar sederhana dari pipa pvc di atas dan sudah diwarnai menggunakan cat atau pilok dengan warna hitam.
    Cara Membuat Stand Gitar Dari Pipa PVC
Bagaimana, sudah terbayang cara membuat stand gitar dari pipa pvc? Perlu anda ketahui juga, bahwa stand gitar yang terbuat dari paralon atau pipa pvc ini terbilang kuat untuk menyimpan gitar akustik maupun elektrik (listrik). Yang perlu anda siapkan sebelum membuat stand gitar adalah menggambar bentuk stand gitar sesuai yang anda inginkan, digantung di dinding atau bentuk stand gitar yang bisa disimpan di lantai. Rekomendasi: Jika anda ingin membuat stand gitar di dinding, sebaiknya gunakan bahan-bahan dari kayu.

Baca juga: