search-button

Cara Merekam Layar Komputer PC Dan Laptop Menjadi Video

   
AnakmusikCara Merekam Layar Komputer PC Dan Laptop Menjadi Video. Cara merekam layar komputer dengan suara adalah hal yang sangat mudah bagi orang yang sudah mengetahuinya, namun tidak bagi anda yang belum tahu sama sekali tentang cara merekam layar monitor menjadi video. Biasanya, hal seperti ini selalu dilakukan oleh sebagian orang yang ingin memperagakan atau membuat sebuah persentasi, seperti tutorial dan lain sebagainya. Dengan adanya fasilitas merekam layar Laptop dan PC atau Komputer menjadi sebuah video, kita tidak bekerja dua kali dan sebisa mungkin dapat menyimpan dan melihatnya kembali saat video tutorial itu dibutuhkan.

Cara merekam layar komputer tanpa software? Ternyata tidak, karena untuk melakukan ini kita memerlukan sebuah software, program atau aplikasi untuk merekam layar PC. Beberapa software tersedia secara gratis dan berbayar, begitu juga dengan kekurangannya. Ada yang dapat merekam layar hanya berukuran sedang, kecil, tanpa suara, menampilkan layar yang jelek, dan lain sebagainya. Untuk merekam layar PC berkualitas HD (High Dimension), tentunya kita harus memilih salah satu software perekam layar terbaik agar video dan suara yang dihasilkan sangat jernih, seperti yang kita inginkan. 

Cara Merekam Layar Komputer PC Dan Laptop Menjadi Video

Untuk merekam layar komputer PC dan laptop menjadi video, saya sendiri menggunakan software editing video Camtasia. TechSmith Camtasia adalah software yang mampu merekam layar monitor dengan kualitas terbaik, begitu juga dapat merekam suara yang sedang berlangsung dalam komputer atau laptop yang kita gunakan. Menariknya lagi, setelah kita merekam layar komputer PC maupun laptop, dengan Camtasia juga kita bisa sekaligus mengedit hasil rekaman video tersebut. Kita dapat memotong, membuang, maupun menggabungkan video yang sudah direkam dengan video lainnya. Mau tahu cara merekam layar komputer PC dan laptop menjadi video, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.
Cara Merekam Layar Komputer PC Dan Laptop Menjadi Video
  1. Download dan Install TechSmith Camtasia.
  2. Buka All Program, TechSmith dan pilih Camtasia Recorder.
  3. Pilih dimensi layar monitor yang ingin kamu rekam, bisa Full Screen atau disesuaikan.
  4. Klik Audio On hingga bertanda hijau yang berarti audio aktip saat kita merekam layar.
  5. Jika semua pengaturan sudah selesai, selanjutnya klik icon REC berwarna merah.
  6. Untuk memberhentikan video layar jika sudah selesai, tekan F10 di keyboard, dan secara otomatis Camtasia akan menyuruh anda untuk menyimpan atau mengedit video terlebih dahulu.


Baca juga: