search-button

Cara Cepat Menggabungkan File Video Tanpa Software

   
Anakmusik – Ternyata bisa menggabungkan file video tanpa software. Mau tahu caranya? Terdapat dua cara menggabungkan video tanpa software, secara online dan offline. Disini saya akan memberi sedikit pengetahuan dari pengalaman yang sudah saya lalui, dan mungkin anda pernah atau sudah mengalaminya. Bukankah menyebalkan, download film dan file video secara terpisah, namun apa boleh buat jikalau file video tersebut sangat penting. Setelah saya mendownloadanya, hasilnya menjadi kumpulan video yang berektensi .001, .002, .003. Awalnya saya bingung, terus mencari cara untuk menggabungkan video terpisah seperti itu. Namun, akhirnya setelah mencoba beberapa percobaan, akhirnya saya dapat mengetahuinya.

Dalam percobaan menggabungkan file video tanpa software, saya menggunakan windows 7, namun sepertinya cara ini juga dapat dilakukan di windows XP maupun 8. Tadinya saya berpikir bahwa menggabungkan video terpisah hanya bisa dilakukan dengan software Format Factory, Movie Maker, Video Pad, Adobe Premiere, MKVmerge GUI, HJ Split, dan software video lainnya. Namun, ternyata menggabungkan file video bisa dilakukan tanpa software dan secara offline, alias gratis tanpa perlu koneksi internet (online).

Cara Menggabungkan Video Tanpa Software

Menggabungkan video tanpa software ternyata dapat mendukung semua jenis format video, seperti MP4, AVI, 3GP, RMVB, WMV, MKV, MPG, VOB, MOV, FLV, SWF dan lainnya. Lalu, bagaimana cara menggabungkan video tanpa software secara cepat dan mudah? Anda bisa melihat langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Sebagai contoh, saya menggabungkan video dengan notepad yang berformat mp4.
  2. Buka Notepad dan salin teks berikut kedalam Notepad: copy /b *.mp4 fullmovie.mp4
  3. Save dan simpan dalam folder video yang terpisah. Beri nama FULLMOVIE.bat dan pilih All Files, lalu save.
    Cara Menggabungkan File Video Tanpa Software
  4. Setelah Notepad kita simpan dan muncul dengan nama FULLMOVIE.bat, selanjutnya klik bat tersebut dan secara otomatis video yang terpisah menjadi tergabung.
    Cara Menggabungkan File Video Tanpa Software
  5. Selamat, sekarang video terpisah sudah tergabung menjadi satu file video.

Bagaimana cara menggabungkan video dengan notepad, sangat mudah bukan? Proses lamanya penggabungan video tergantung ukuran video-video tersebut. Untuk mengatasi masalah kegagalan atau format bat tidak merespon apapun, sebaiknya simak cara menggabungkan video tanpa software di atas secara teliti. Pastikan anda memberi nama sesuai format video, seperti langkah di nomor 1 dan 2.

Baca juga: