search-button

Cara Memotong Video Di Laptop Dan Komputer PC

   
Anakmusik – Bagaimana cara memotong video di laptop dan komputer PC dengan cepat dan mudah, tanpa memperburuk kualitas video tersebut? Untuk sekarang ini, kita akan membahas tutorial memotong video menggunakan aplikasi, program, maupun software untuk memotong video MP4 , 3GP, MKV, MPG dan format video lainnya. Terdapat banyak sekali aplikasi untuk memotong video di android dan smartphone iOS seperti iPhone, iPad, dan produk Apple lainnya, yang jelas aplikasi video tersebut sangat populer dikalangan pengguna yang gemar mengedit video klip musik maupun pribadi.

Di Smartphone Android dan iOS sendiri kita tahu, bahwa aplikasi memotong video bisa menggunakan Viva Video, Video Editor, dan masih banyak lagi. Namun, dengan software apa dan bagaimana cara memotong video di laptop dan komputer PC? Untuk memotong video di komputer PC atau laptop, kita bisa menggunakan Windows Movie Maker, Format Factory, Video Pad,  Media Player Classic dan masih banyak program video lainnya. Bagi anda yang belum mengetahui caranya, saya akan memberi langkah-langkahnya secara sederhana, cepat, dan pasti mudah untuk anda mengerti.

Cara Memotong Video Di Laptop Dan Komputer PC Dengan FormatFactory

FormatFactory merupakan salah stau software converter gratis yang bisa digunakan secara offline. Namun, FormatFactory juga memiliki fasilitas dalam memotong video dari bagian awal, tengah, maupun akhir. Untuk melakukan cara memotong video di laptop dan komputer PC seperti judul di atas, pastikan komputer PC atau laptop yang anda miliki sudah terpasang program FormatFactory.

  1. Buka FormatFactory dan pilih format video yang anda inginkan. Anda bisa memilih format video MP4, AVI, 3GP, RMVB, WMV, MKV, MPG, VOB, MOV, FLV, dan SWF. Pilih Add dan Video yang ingin anda potong.
  2. Masuk ke menu Option yang berada di tengah atas dengan logo gunting dan video.
    Cara Memotong Video Di Laptop Dan Komputer PC Dengan FormatFactory
  3. Anda akan melihat durasi Video tersebut, tentukan waktu mulai dan akhir (Memotong Video). Selanjutnya pilih OK, seperti gambar di bawah ini.
    Cara Memotong Video Di Laptop Dan Komputer PC Dengan FormatFactory
  4. Setelah selesai mengatur durasi awal dan akhir video tersebut, selanjutnya pilih OK kembali dan klik Start untuk memulai proses memotong sekaligus mengganti format video. Untuk melihat hasil video yang sudah anda convert tadi, klik Output Folder yang bisa anda lihat di angka 2 dalam gambar berikut.
    Cara Memotong Video Di Laptop Dan Komputer PC Dengan FormatFactory
Memotong video di laptop dan komputer PC menggunakan FormatFactory akan merubah kualitas video tersebut lebih baik atau sebaliknya. Sebagai contoh: Jika anda memotong video MP4 dan mengubahnya ke 3GP, otomatis kualitas video MP4 akan menurun, dari kualitas suara maupun tampilan. Jadi, sebaiknya Convert Video ke kualitas yang lebih baik seperti MP4, WMV, MKV dan MPG. Cara memotong video di laptop dan komputer PC ini bisa kita gunakan di Windows XP, 7 maupun 8.

Baca juga: