search-button

Cara Memotong Video Dengan Windows Media Player VLC

   
Anakmusik – Bagaimana cara memotong video dengan Windows Media Player Classic? Saya juga bingung jika mendapat pertanyaan tersebut dari anda, karena saya belum mengetahui caranya. Namun, saya memiliki sedikit pengetahuan tentang cara memotong video menggunakan media player VLC yang sudah saya buktikan sendiri. VLC Media Player adalah software pemutar video dan audio dengan berbagai jenis format, seperti Ogg, MP4, 3GP, DivX, dan format video maupun audio lainnya. Software pemutar video ini bisa kita gunakan secara gratis dan dapat dipasang dalam laptop maupun komputer PC dengan operasi windows XP, 7, maupun 8.

Untuk cara memotong video di Media Player VLC, saya akan menunjukan langkah-langkah yang sangat praktis, sehingga anda dapat mengetahui dan memahaminya dengan baik. Sebelum memulai, pastikan terlebih dahulu laptop atau komputer PC yang anda gunakan sudah terpasang dengan media player VLC versi terbaru. Ukuran File VLC versi terbaru tidaklah besar, hanya sekitar 9.8MB. Perlu anda ketahui juga, bahwa VLC media player bisa dipasang di operasi Linux dan Mac OS.

Cara Memotong Video Dengan VLC Media Player

Memotong video dengan Windows Media Player VLC tidak memerlukan koneksi internet (online), dan prosesnya tidak memakan banyak waktu. Tergantung ukuran video yang ingin anda potong. Salah satu kelebihan yang dimiliki VLC Media Player yaitu: memiliki codec lengkap yang mampu memutar hampir seluruh format audio maupun video yang ada dalam komputer PC atau laptop, maupun memutar file multimedia dari CD atau DVD. Untuk cara memotong video di VLC Media Player, anda bisa menyimak tahap-tahapnya berikut ini.

  1. Buka video yang ingin anda potong dengan VLC Media Player. Bisa menggunakan metode Open File atau Drag Drop. Setelah video terbuka, klik View dan  pilih Advanced Controls. Setelah mengaktifkan Advanced Controls, secara otomatis 4 tombol tambahan akan muncul di atas Play/Pause, yaitu Record, Take a Snapshot, Loop, dan Frame by Frame. 4 tombol inilah yang nanti akan digunakan untuk memotong video di VLC.
    Cara Memotong Video Dengan Windows Media Player
  2. Untuk lebih spesifik lagi dalam memulai titik awal dan akhir video, anda bisa menggunakan tombol Frame by Frame. Setelah anda menentukan titik yang tepat pada video tersebut, selanjutnya klik Record yang berwarna merah. Proses merekam video sudah dimulai dan tunggu hingga video tiba di titik akhir yang sudah anda tentukan sebelumnya.
    Cara Memotong Video Dengan Windows Media Player
  3. Klik Record kembali untuk mengakhiri proses rekaman video jika sudah selesai. Secara otomatis video tersebut sudah terpotong dan anda bisa melihat hasilnya di folder Videos pada windows.

Bisa dibilang atau lebih tepatnya lagi, kita merekam bagian video tersebut dan menyimpannya tanpa mengganggu kualitas video yang asli. Cara memotong video dengan Media Player VLC ini terbilang sangat rumit untuk merekam video yang berdurasi panjang, kita harus menunggu proses selesai hingga pada titik akhir yang sudah kita tentukan sebelumnya. Namun, tidak ada salahnya jika menggunakan VLC Media Player untuk memotong video dengan durasi yang cukup pendek.

Baca juga: