search-button

Cara Membuat Animasi Bergerak GIF Dengan Mudah

   
AnakmusikCara membuat animasi GIF bergerak dengan mudah. Membuat animasi GIF menjadikan video adalah hal yang mudah untuk kita lakukan. Terdapat aplikasi pembuat animasi untuk android smartphone maupun smartphone lainnya, seperti iPhone, iPad, maupun iPod. Namun, untuk tutorial kali ini saya akan memperlihatkan cara termudah dan cepat dalam pembuatan gambar menjadi animasi GIF, yaitu menggunakan Aplikasi PhotoScape. Bukankah hal yang menarik dapat membuat animasi GIF menggunakan aplikasi gratis?

PhotoScape merupakan program edit foto yang memiliki fitur penggabungan format JPG, begitu juga dengan membuat animasi bergerak (GIF). Hal pertama yang harus kita lakukan dalam membuat animasi bergerak adalah: membuat atau menggambar terlebih dahulu cerita yang menarik. Tapi, pastikan berurutan, seperti halnya membuat animasi tulisan. Untuk lebih mengerti bagaimana cara membuat animasi bergerak di PhotoScape, kalian bisa simak langkah-langkah di bawah ini.

Cara Membuat Animasi Bergerak GIF Dengan Mudah

Sebagai contoh, saya akan membuat animasi tulisan bergerak menggunakan kata SUKSES. Kalian bisa simak caranya secara perlahan di bawah ini.

  1. Buat terlebih dahulu background putih, lalu buka PhotoScape. Masuk ke menu EDIT dan masukan background tersebut. Selanjutnya masuk ke OBJECT dan klik icon T.
  2. Masukan huruf pertama dahulu, yaitu: S. Save As ke Desktop dengan memberi nama 1.
  3. Jangan dulu di tutup PhotoScape, klik kembali T dan tambahkan huruf U yang nantinya akan menjadi kata SU, save as kembali dan simpan ke Desktop dengan nama 2.
    Cara Membuat Animasi Bergerak GIF Dengan Mudah
  4. Lanjutkan seperti itu hingga setiap huruf menjadi satu JPG secara berurutan.
  5. Tutup PhotoScape dan buka kembali.
  6. Klik Animated Gif, Add dan pilih semua foto yang berurutan tadi.
  7. Untuk mengatur durasi perpindahan foto, pilih change time.
  8. Jika sudah selesai, selanjutnya Save dan beri nama sesuai keinginan kita.
Cara Membuat Animasi Bergerak GIF Dengan Mudah
Itulah cara membuat animasi tulisan bergerak GIF sederhana di PhotoScape. Jika sudah paham tentang langkah-langkah di atas, kamu bisa mencoba membuat animasi bergerak dengan semenarik dan sebaik mungkin lagi. Bahkan, kita bisa mengubah GIF tersebut menjadi video. Caranya: Cara Mengubah GIF Menjadi Video.

Baca juga: