search-button

Cara Cepat Belajar Drum Double Pedal Untuk Pemula

   
Anakmusik – Seperti apa teknik dasar bermain double pedal pada drum? Mari kita ketahui cara belajar drum double pedal lebih jauh lagi. Bagaimana menguasai cara cepat belajar double pedal drum? Pastinya harus sering berlatih dengan penuh kesabaran, hingga kedua kaki kita benar-benar lentur dan tidak mudah pegal. Double pedal biasanya sering digunakan dalam genre-genre musik seperti metal, rock, dan scream. Beberapa kelebihan menggunakan double pedal pada drum adalah untuk menjaga stamina, juga melincahkan kaki terhadap ketukan drumhead bass.

Permaian double pedal terdiri dari dua teknik yang bervariasi, diantaranya hell up dan hell down. Hell up yaitu mengangkat tumit ke atas, sedangkan hell down mendiamkan tumit, tidak perlu mengangkatnya. Diantara kedua teknik tersebut, teknik hell up-lah yang sangat cocok untuk menggunakan double pedal drum. Saat bermain double pedal pada drum, usahakan badan harus tegak lurus, jangan duduk terlalu ke belakang, dengan begitu tubuh kita tidak terlalu kehabisan stamina dalam menopang badan.

Cara Cepat Belajar Drum Double Pedal Untuk Pemula

Salah satu kendala saat bermain drum double pedal adalah hilangnya keseimbangan suara pedal kiri dengan pedal bagian kanan, namun tidak perlu khawatir. Kita dapat mengatasi kendala tersebut dengan cara menggantikan bagian posisi pedal drum. Bagi pemula yang ingin belajar drum double pedal, kamu bisa berlatih dengan atau tanpa alat musik drum sekalipun, seperti: Duduk dengan santai dan membayangkan ada sebuah alat musik drum di depan mata.

Mulailah berlatih drum double pedal dengan pola: Kiri-Kanan Kiri-Kanan Kiri-Kanan selama 2 menit. Sesudah itu, coba kembangkan dengan pola berikutnya, Kiri-Kiri-Kanan-Kanan Kiri-Kiri Kanan-Kanan. Cobalah sering melatih kaki kiri sampai benar-benar tidak kaku. Kamu bisa mempelajari teknik double pedal dengan pola yang kamu suka, dan kamu juga dapat menggunakan pola berikut ini: Kanan-Kiri-Kanan-Kanan Kiri-Kanan-Kiri-Kiri Kanan-Kiri-Kanan-Kanan Kiri-Kanan-Kiri-Kiri dan Kiri-Kiri-Kiri-Kanan Kanan-Kiri-Kiri-Kiri Kiri-Kiri-Kiri-Kanan Kanan-Kiri-Kiri-Kiri.
Cara Cepat Belajar Drum Double Pedal Untuk Pemula
Saat belajar teknik double pedal pada drum, sebaiknya di dampingi juga oleh metronome. Karena dengan adanya metronome kamu dapat mengontrol tempo secara teratur. Gunakan tempo terendah dulu, dan perlahan tingkatkan tempo secara bertahap sesuai kelancaran kaki saat menginjak double pedal. Lakukan latihan dengan santai, cukup minimal dengan waktu 30 menit setiap hari.

Baca juga: