search-button

Cara Menyetem Gitar Untuk Pemula (Otomatis Nada Akurat)

   
Anakmusik – Terdapat beberapa cara menyetel/menyetem gitar menjadi nada yang akurat, untuk gitar akustik, bass maupun listrik/elektrik. Menyetem/menyetel gitar bisa dilakukan dengan cara mengakurkan suara senar gitar 1 ke suara senar gitar 2, yang dimana suara senar gitar ke 2 harus memiliki suara nada yang akurat seperti pengaturan nada yang biasanya, atau sebaliknya. Kita bisa melakukannya dengan cara petik satu persatu senar gitar yang terdengar fals, lalu cocokan nada tersebut dengan senar gitar yang mempunyai nada akurat.

Cara menyetem gitar seperti di atas mungkin terbilang rumit, namun itulah yang biasa dilakukan oleh seorang gitaris pemula yang belum bisa mengetahui cara menyetel gitar dengan felling atau perasaannya sendiri. Di zaman tekhnologi yang semakin canggih ini, tentunya ada beberapa fasilitas yang mungkin bisa kita manfaatkan, salah satunya yaitu: menyetem gitar dengan tuner digital. Menggunakan aplikasi untuk menyetem gitar pasti sangat menyenangkan, selain itu pastinya sangat cepat, dan menghasilkan nada akurat. Bagaimana caranya?

Cara Menyetem Gitar Untuk Pemula (Otomatis Nada Akurat)

  1. Download terlebih dahulu aplikasi GuitarTuna. Aplikasi untuk menyetem gitar ini sangat populer di seluruh dunia. Memiliki kemudahan, dan cara praktis untuk menyetel suara senar gitar menjadi nada akurat. Aplikasi GuitarTuna bisa didownload dan dipasang di SmartPhone Android ataupun iOS seperti iPhone, iPad, maupun iPod. Selain GuitarTuna dapat menyetel/menyetem gitar dengan nada akurat, aplikasi ini juga memiliki banyak fasilitas lainnya, seperti: menampilkan Chord Guitar, belajar Metronome, Game Musik, Download Lagu, dan Memutar Lagu terbaru secara streaming.
    Cara Menyetem Gitar Untuk Pemula
  2. Untuk menyetem/menyetel gitar dengan nada akurat, bisa lihat gambar di atas ini.
  3. Petik satu salah senar gitar, pastikan arah jarum berada tepat di tengah, sampai muncul ceklis hijau. Posisikan gitar dan smartphone berdampingan, supaya suara senar gitar dapat terdeteksi dengan bersih dan jelas. Jarum yang berada ditengah dengan simbol ceklis hijau, menandakan bahwa tekanan senar gitar berada di nada yang tepat dan akurat. Untuk senar 1(E), 2(B), 3(G), 4(G), 5(A), 6(E).

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan, kita tidak perlu membutuhkan arus listrik maupun kabel jak yang tersambung dengan gitar. Hanya perlu mendekatkan gitar dengan smartphone yang kita genggam. Kemudahan inilah yang harus dimanfaatkan oleh seorang gitaris pemula. GuitarTuna dapat digunakan untuk menyetem gitar akustik, listrik/elekterik, bass dan ukulele.

Baca juga: