search-button

14 Pemain Bass Terbaik Indonesia Terbaru

   
Anakmusik – Siapa bassist atau pemain bass terbaik Indonesia yang kamu ketahui? Tentunya sangat banyak bukan. Di Indonesia sendiri sangat banyak pemain gitar bass profesional yang permainannya hampir sama dengan pemain bass dunia. Setiap pemain bass pastinya memiliki keunikan sendiri, dari style maupun cara memainkan gitar bass-nya. Semakin hebat bermain gitar bass-nya, maka semakin banyak pula penggemarnya, dan tidak lupa pula menjadi salah satu pemain bass terkenal dan terbaik di Indonesia.

Menjadi seorang bassist yang populer di negara-nya sendiri adalah salah satu impian terbesar bagi seorang pemain gitar bass. Tidak salah, jika seorang bassist menampilkan performa terbaiknya di setiap acara musik atau pun panggung hiburan. Setiap pemain bass terbaik Indonesia ini juga saling berkolaborasi satu sama lain terhadap pemain gitar bass lainnya, sehingga dapat berbagi pengalaman tentang seputar gitar bass dan sebagainya. Mau tahu daftar nama pemain bass terbaik Indonesia lebih lengkap lagi? Silahkan simak berikut ini.

14 Pemain Bass Terkenal Dan Terbaik Indonesia

  1. Adam Muhammad Subarkah. Keterpopuleran band yang digawanginya membuat nama Adam terbawa menjadi salah satu pemain bass terkenal di Indonesia. Adam adalah seorang bassist dari grup band Sheila On 7, dan Adam juga ikut serta di bass heroes pada tahun 2008. Lahir pada     22 Februari 1979 di Yogyakarta, Indonesia.
  2. Ahmad Sebastio. Salah satu pemain bass legendaris Indonesia, Ahmad Sebastio. Pemain gitar bass tahun 90-an dari Band Sahara ini terkenal namanya saat ia menjadi seorang bass heroes. Walaupun Pria yang lahir pada tanggal 12 November 1966 ini jarang terlihat di berbagai acara musik, namun ia masih tetap exis dan berkarya sebagai musisi, tentunya masih di bass rock heroes bersama bass heroes lainnya.
  3. Bondan Prakoso. Pria kelahiran Jakarta 8 Mei 1984 ini merupakan salah satu pemain bass terbaik dan terkenal di Indonesia. Mengawali karir pada tahun 80-an sebagai penyanyi cilik. Saat beranjak remaja, ia membentuk sebuah grup musik bernama Funky Kopral, pada tahun 1999 sampai tahun 2002. Kini, Bondan Prakoso membentuk kembali sebuah grup musik yang bernama Bondan Prakoso & Fade 2 Black.
  4. Barry Likumahuwa. Bernama lengkap Elseos Jeberani Emanuel Likumahuwa yang lahir pada 14 Juni 1983 di Jakarta. Ia adalah salah satu bassist terbaik Indonesia yang beraliran funk jazz. Pada tahun 2008, ia merilis album solo perdananya yang diberi nama (Good Spell), dan pada tahun 2011, ia merilis album keduanya bersama (Barry Likumahuwa Project), yang diberi nama Generasi Synergy.
    Pemain Bass Terbaik Indonesia
  5. Bongky Marcel. Pria yang lahir di Bandung pada tanggal 30 Oktober 1966 sudah lama bermain bass dan membuat grup band musik semasa SMA-nya. Ia menjadi seorang pemain bass saat membentuk sebuah grup musik bersama Pay dan Indra Qadarsih, BIP. Bongky juga pernah ikut serta dalam konser Bass Heroes 2008 bersama Thomas Ramdhan, Adam, Rony Febri dan pemain  bass terbaik Indonesia lainnya.
  6. Bagus Dhanar Dhana. Lebih dikenal sebagai Bagus Netral, seorang vokalis sekaligus bassist di Band Rock Netral. Permainannya bisa kita lihat di semua lagu Netral, ia tanpa kaku bermain gitar bass sambil bernyanyi. Ia lahir pada 17 Januari 1971.
  7. Donny Fattah. Bernama lengkap Donny Fattah Gagola yang lahir di Makasar pada tanggal 24 September 1949. Ia merupakan salah satu pemain bass legendari Indonesia yang mewarnai musik tanah air pada tahun 90-an. Donny Fattah adalah bassist sekaligus pendiri dari grup musik God Bless.
  8. Erwin Gutawa. Seorang komponis handal yang dulunya adalah seorang pemain bass Indonesia. Erwin Gutawa Sumapraja yang lahir pada 16 Mei 1962 di Jakarta, dan menjadi seorang produser musik yang menata juga berbagai konser, diantaranya: Titi DJ, Chrisye, Ruth Sahanaya, Harvey Malaiho, Rossa dan Krisdayanti
  9. Indro Hardjodikoro. Pria yang biasa dipanggil dengan Indro ini adalah salah satu pemain bass terbaik Indonesia yang lahir di Jakarta pada 14 Desember 1968. Di era tahun 90-an, ia berkarya dan bergabung menjadi bassist di grup musik Halmahera.
  10. Iwan Xaverius. Untuk infromasi bassist Indonesia yang satu ini sangat minim, yang saya tahu ia merupakan bassist dari grup band Edane. Namun, sekarang ia tergabung lagi dengan band Indonesia bernama Blackout.
    Pemain Bass Terbaik Indonesia
  11. Rindra Risyanto Noor. Pria kelahiran Balikpapan 5 Desember 1972 ini lebih dikenal dengan nama Rindra Padi. Padi merupakan nama band yang digawangi-nya hingga sekarang ini.
  12. Swara Wima Yoga. Pemain bass dari Grup Band J-Rock ini memiliki banyak kelebihan, permainan dan style Harjuku. Kita bisa melihat dan mendengarkan permainan bass dari pria kelahiran Jakarta 29 November 1981 ini di Grup Musik-nya, J-Rock.
  13. Thomas Ramdhan. Siapa yang tidak kenal dengan Thomas Ramhdan ini, pemain bass terbaik dan terkenal di Indonesia. Pria yang bernama legkap Tubagus Omas Ramdhan ini lahir pada 5 Maret 1967 di Bandung. Ia merupakan salah satu pemain bass legendaris yang memiliki ciri khas sendiri dalam bermain gitar bass. Dulu, saat ini, ia tetap tergabung bersama Armand Maulana dan Dewa Budjana di Grup Band GIGI.
  14. Yuke Sampurna. Bassist dari grup band Dewa 19 ini jangan dilupakan. Ia juga salah satu pemain bass terbaik Indonesia. Pada tahun 2013, pria yang lahir di Bandung 19 Juni 1968 ini merilis single terbarunya dengan judul (Selebriti) bersama band terbarunya DOM PROJECT. Itulah beberapa pemain bass terkenal dan terbaik Indonesia. Tentunya masih banyak lagi pemain bass lainnya yang akan terus dan terus mewarnai industri musik tanah air.

Baca juga: