search-button

Cara Membuat Aransemen Musik dan Lagu Yang Bagus

   
Anakmusik – Berikut ini merupakan cara membuat aransemen musik dan lagu yang bagus. Kita bisa membuat aransemen musik di laptop maupun di komputer, namun bagaimana tahap untuk membuat alunan musik terlantun indah? Apa perlengkapan yang harus di sediakan? Kita akan membahas secara lengkap disini. Dalam proses pembuatan lagu bisa dibilang tidak terlalu mudah, perlu konsentrasi dan dalam posisi situasi yang sangat tenang, dari pikiran maupun raga.  Kita bisa membuat lirik lagu dari berbagai kisah pengalaman diri sendiri, orang lain ataupun perasaan yang sekarang kita alami. Curahkan (tuliskan) semua perasaan tersebut di atas kertas, dan pastikan kata-kata tersebut menjadi sebuah lirik yang sangat indah.

Setelah kita membuat sebuah lirik lagu, tentu saja tidak segera berpikir bagaimana cara membuat aransemen musiknya?, namun seperti apa nada yang seharusnya indah untuk lagu tersebut. Bertempo rendah, sedang, atau cepat, bergenre pop, jazz, rock atau lainnya? Di tahap ini kita akan mulai kebingungan, dan kamu perlu refreshing atau mencoba mendengarkan lagu-lagu kesukaanmu. Kita bisa mendengarkan lagu-lagu favorite sebagai cara untuk menemukan sebuah inspirasi atau ide agar nada alunan musik dari lagu yang kita ciptakan lebih baik dibandingkan lagu orang lain yang kamu sukai. Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan simak 7 Tips Cara Membuat Lagu Yang Bagus dan Baik berikut ini. Setelah itu, saatnya kita ketahui bagaimana caranya membuat aransemen musik dan lagu yang bagus.
Cara Membuat Aransemen Musik dan Lagu Yang Bagus

Tips Cara Membuat Aransemen Musik dan Lagu Yang Bagus

  1. Siapkan sebuah unit komputer atau laptop untuk rekaman
  2. Gunakan Software Musik Digital Terbaik yang sering banyak orang gunakan.
  3. Dalam pembuat Aransemen Musik pastikan kita mengatur tempo terlebih dahulu.
  4. Untuk merekam sampel suara, kamu bisa menggunakan alat musik gitar atau piano. Jika kamu menggunakan gitar, sebaiknya gunakan software gitar berikut ini.
  5. Setelah sampel gitar dibuat, saatnya kita membuat ketukan drum. Suara drum akan berpengaruh baik untuk tahap perekaman alat musik lainnya. Untuk suara drum, kamu bisa menggunakan software drum terbaik berikut ini.
  6. Setelah proses pembuatan suara drum selesai, saatnya kita kembali merekam alat musik lainnya, seperti gitar akustik, gitar listrik (elektrik), gitar bass, dan piano.
  7. Jika semua aransemen musik sudah terekam dan terdengar dengan baik, saatnya kita memasukan suara vokal.
  8. Untuk memperhalus semua audio yang telah kita rekam, kita hanya perlu menggunakan Software Musik Digital Terbaik diatas, karena di dalam software musik tersebut sudah tersedia berbagai fasilitas untuk mengontrol suara agar berkualitas baik.

Baca juga: