search-button

Spesifikasi Komputer Untuk Studio Rekaman Sederhana

   
Anakmusik – Apa saja perlengkapan recording atau spesifikasi komputer untuk studio rekaman? Kita akan membahas ini sampai tuntas. Komputer atau laptop merupakan hal yang penting dalam membuat sebuah aransemen musik atau lagu. Spesifikasi komputer berpengaruh terhadap proses berjalannya sebuah rekaman, karena hasil suara yang baik juga ditentukan oleh kualitasnya komputer yang kita gunakan. Kita bisa saja menggunakan spesifikasi komputer sederhana dalam pembuatan lagu, namun banyak software musik terbaik yang membutuhkan spesifikasi komputer yang lebih mumpuni agar hasil yang didapat tidak mengecewakan.

Spesifikasi Komputer Untuk Studio Rekaman Sederhana

Untuk membangun studio musik digital, kita harus menggunakan komputer dengan spesifikasi tertentu, agar mendapat hasil yang lebih maksimal. Walaupun memang kita berencana untuk membuat home recording (studio rekaman di kamar atau rumah), namun hasil yang didapat harus bisa setara dengan studio musik digital profesional, agar tidak terkesan murahan. Terlebih dahulu saya hanya akan memberi informasi tentang spesifikasi komputer untuk studio rekaman sederhana, dan semoga ini akan berguna bagi kalian yang ingin mencoba berinspirasi membuat lagu lewat sebuah komputer sederhana.

Spesifikasi Komputer Untuk Studio Rekaman yang bisa kamu gunakan yaitu:

  • CPU: Intel Core 2 Quad 2.8GHz/1333MHz.
  • Motherboard: Asus w/P35 Chipset (opsional), Intel (pilih yang game aplikasi).
  • RAM: 2GB DDR (minimal).
  • Hard Drive: Seagate 160GB (System C) & 250GB (Data) SATA.
  • Optical Drive: Liteon DVD RW.
  • VGA: Ge Force 8400 GS (minimal).
  • Ports: 2xFire Wire dan 2xUSB 2.0.

Pastinya sudah tergambarkan, berapa biaya spesifikasi komputer untuk studio rekaman? Ketahui juga : Peralatan Dan Perlengkapan Home Recording Professional.
Spesifikasi Komputer Untuk Studio Rekaman Sederhana
Ini hanya spesifikasi komputer untuk studio rekaman sederhana, dan perlu kamu ketahui, semakin tinggi spesifikasi komputer yang digunakan, maka semakin baik juga kualitas yang kamu dapatkan. Untuk software musik, kamu bisa menggunakan Sonar, Cubase, Nuendo, Cool Edit, Pro Tools, atau yang lainnya, tergantung selera yang kamu inginkan. Peralatan alat musik untuk sebuah studio rekaman bisa menggunakan gitar akustik, gitar listrik, gitar bass, dan Mic, yang berguna untuk merekam (input) ke dalam komputer. Untuk suara drum, piano atau instrumen lainnya, kamu bisa membuatnya dengan MIDI yang tersedia di dalam software musik tersebut. Untuk mendengarkan hasil dari sebuah rekaman tersebut kamu harus menyediakan speaker atau cukup hanya menggunakan earphone saja.

Baca juga: