search-button

8 Tips Memilih Gitar Bass Yang Baik dan Berkualitas

   
AnakmusikTips memilih gitar bass yang baik dan berkualitas. Gitar bass elektrik atau yang biasa disebut dengan Bass elektrik merupakan salah satu alat musik dawai yang memakai listrik untuk memperbesar suaranya. Bentuknya hampir sama dengan gitar listrik, namun gitar bass mempunyai bentuk body yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya mempunyai empat senar. Biasanya, gitar bass akan lebih berat dibandingkan gitar listrik biasa, karena senar pada gitar bass memang lebih tebal sehingga kayu yang dipilih untuk body gitar juga lebih padat dan keras dengan tujuan untuk mengimbangi tekanan pada leher gitar (neck). Ukuran kolom pada gitar (fret) juga lebih besar, karena disesuaikan dengan scale (panjang senar).  (scale). Jenis Gitar bass cukup banyak, seperti contra bass, cello bass, bass listrik, bass fretless, dan lain sebaginya. Bass litrik adalah yang sering digunakan para pemain band.

Bagi anda yang suka memainkan gitar bass, atau bahkan ada yang berkeinginan ingin membeli gitar bass. Sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips yang harus anda ketahui sebelum anda memutuskan dan memilih gitar bass yang akan anda beli. Berikut ini adalah 8 tips memilih gitar bass yang baik dan berkualitas.

8 Tips Memilih Gitar Bass Yang Baik dan Berkualitas

  1. Bahan Dasar. Bahan dasar untuk body gitar bass biasanya terbuat dari kayu. Kayu yang digunakan juga mempunyai banyak sekali macamnya, seperti jenis kayu mahoni, walnut, maple, rose wood , wenge dan masih banyak lagi jenis kayu lainnya. Pada bagian setang gitar juga sama, ada yang terbuat dari jenis kayu maple, rosewood ataupun wenge. Jenis kayu memang bukan merupakan satu-satunya fktor yang dapat menentukan kualitas suara gitar bass, akan tetapi jika anda memilih gitar bass dari bahan dasar kayu yang memang sudah terbukti berkualitas, minimal gitar anda sudah punya satu point plus.
  2. Nada atau tune. Pilihlah gitar bass yang mempunyai nada/tune yang bagus, karena akan percuma apabila body gitar anda sudah terlihat bagus dan keren tapi suara yang dihasilkan tidak sebagus dan sekeren body gitarnya. Cobalah terlebih dahulu gitar yang anda inginkan, kemudian dengarkan dengan saksama suara tune yang hasilkan dari gitar bass tersebut.
  3. Pick Up. Pick Up digunakan untuk merubah sinyal analog ke digital, oleh karena itulah mengapa pick up menjadi salah satu bagian penting pada gitar bass. Suara bass yang dihasilkan juga cukup banyak dipengaruhi oleh pick up, oleh karena itu, cediklah dalam memilih pick up. Cobalah dulu memainkan gitar dengan menggunakan pick up untuk mengetahui bagus tidaknya pick up tersebut.
    8 Tips Memilih Gitar Bass Yang Baik dan Berkualitas
  4. Tone Control. Tombol untuk mengatur volume, treble, dan bass disebut dengan Tune control. Saat memilih tune kontol yang baik, pastikan bahwa penutup control cavity sudah dilapisi dengan baik oleh cat khusus/sejenis alumunium foil.
  5. Neck/Stang Gitar Bass. Setang gitar Bass (Neck) yang bagus adalah yang tidak ada sambungan atau retakan, kemudian bentuknya juga tidak bengkok (Lurus). Jika anda melihat stang gitar yang akan anda beli tidak lurus, sebaiknya anda mencari pilihan gitar bass yang lain.
  6. Tune machine. Tune machine berfungsi untuk mengencangkan dan mengendurkan senar. Tune machine yang baik biasanya terbuat dari tembaga dan almunium.
  7. Bridge. Bridge mempunyai banyak banyak tipe, sebaiknya anda memilih bridge yang mudah saat mengganti senar (tidak perlu dimasukan ke lubang dari bawah).
  8. Berat atau Overall weight. Berat gitar bass atau Overall weight juga merupakan salah satu hal yang harus anda perhitungkan. Karena jika anda memilih atau mempunyai gitar bass yang mempunyai berat lumayan, akan membuat anda menjadi kurang nyaman saat menggunakannya. Oleh karena itum sebaiknya anda memilih gitar bass yang tidak terlalu berat.

Semoga informasi mengenai 8 tips memilih gitar bass yang baik dan berkualitas tersebut dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda, semoga informasi tersebut dapat menjadi solusi yang tepat bagi anda yag sedang bingung menentukan pilihan gitar bass mana yang akan anda beli.

Baca juga: