search-button

Tips Cara Merawat Alat Musik Recorder Dengan Baik

   
Anakmusik – Tips Cara Merawat Alat Musik Recorder. Alat musik recorder termasuk alat musik jenis aerophone yaitu alat musik melodis yang dibunyikan dengan cara ditiup. Bentuk alat musik ini hampir sama dengan suling, dan cara memainkannya pun sama yaitu dengan cara ditiup. Tidak sulit untuk mendapatkan alat musik recorder, karena alat musik ini banyak terdapat di toko-toko alat musik dengan harga yang lumayan terjangkau. Alat musik recorder dapat dimainkan oleh semua jenis kelamin dan semua umur karena tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk memainkannya. Alat musik ini sering diajarkan di sekolah-sekolah baik di jenjang Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Tips Cara Merawat Alat Musik Recorder Dengan Baik


Recorder mempunyai jenis yang beranekaragam, berdasarkan jenis - jenis tersebut, recorder terbagi menjadi 6 jenis yaitu Recorder Sopranino, Recorder Soprano, Recorder Alto, Recorder Tenor, Recorder Bass, dan Recorder Great Bass (Contra Bass). Recorder Soprano (Descant) adalah recorder yang biasa dipakai dalam proses pembelajaran di sekolah. Recorder juga mempunyai beberapa bagian yaitu mouthpiece atau bagian kepala yang terdapat lubang untuk meniup dan lubang suara, body atau bagian badan yang terdapat 7 buah lubang, serta foot atau bagian kaki yang terdiri atas lubang oktaf dibagian bawah.
Walaupun alat musik recorder mempunyai harga yang cukup terjangkau dan tidak sulit untuk mendapatkannya, akan tetapi menjaga dan merawat alat musik recorder tetap harus dilakukan, agar alat musik tersebut dapat berumur panjang. Berikut ini adalah tips cara merawat alat musik recorder.
Tips Cara Merawat Alat Musik Recorder
  1.  Tutup lubang suara alat musik ini dengan cara meletakkan jari pada lubang suara tersebut, setelah itu tiuplah dengan sekuat-kuatnya untuk mengeluarkan kotoran atau sisa air di dalam alat musik tersebut.
  2. Tutuplah lubang suara agar tidak ada celah sehingga air bisa keluar
  3. Hindarkan alat musik recorder anda dari sinar matahari, tempat yang lembab, dan tempat yang kotor.
  4. Gunakan alat musik recorder anda secara berkala, karena jika alat musik tersebut tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama maka dapat membuat kualitas alat musik tersebut menurun atau bahkan menjadi rusak.  Baca juga: Cara Cepat Belajar Recorder Bagi Pemula.