search-button

Speaker Terbaik Untuk Ampli Gitar

   
AnakmusikSpeaker Terbaik Untuk Ampli Gitar. Ampli gitar atau combo amp biasa juga disebut cube, adalah ampli all-in-one yang menggabungkan ampli dan speaker dalam satu unit. Sebagian orang mungkin sudah mengenal amplifier gitar. Dari dulu sampai sekarang pun bentuknya cenderung monoton dari fisiknya. Jika kita bedah lebih luas lagi tentang apa itu amplifier gitar,mereka selalu melakukan perubahan dan riset di setiap generasinya. Apa yang mereka lakukan dari setiap perubahan-perubahan tersebut, tentunya kita harus mengenal dan mengetahui lebih dalam lagi setiap bagian-bagian amplifier gitar tersebut. Amplifier gitar terdiri dari section Preamp, Power Amp, dan Speaker.

Speaker Terbaik Untuk Ampli Gitar


  1. Preamp. Bagian terdepan dari amplifier gitar. Bertugas sebagai pengolah sinyal awal gitar kita. Preamp akan membentuk warna suara gitar, karenanya di setiap amplifier gitar kita pasti menemukan pengaturan-pengaturan seperti: Bass, Treble, Middle, Gain, dan Volume. Kasarnya, disaat kita mulai menghubungkan gitar ke input amplifier dan mulai mengutak-atik pengaturan-pengaturan tadi, maka akan terasa perbedaan atau perubahan sound, ini berarti kita sedang menggunakan section preamp amplifier kita.
  2. Power Amp. Menguatkan sinyal yang telah diproses oleh section preamp. Jadi sinyal yang keluar dari section preamp tadi, akan diterima dan diteruskan oleh section power amp ini. Pengaturan-pengaturan seperti master volume, presence, dan berapa watt (10,15,30,50,100) kekuatan amplifier bisa disebut sebagai section power amp amplifier kita.
  3. Speaker. Bertugas  untuk mengeluarkan suara yang telah diproses oleh section preamp dan power amp amplifier kita tadi. Ukuran speaker gitar pun berbeda-beda, mulai dari 8, 10 sampai 12 inch. Untuk cabinet speaker gitar professional, biasanya menggunakan ukuran 4x12, yang artinya menggunakan 4 buah speaker berukuran 12 inch. 

Variasi dari pemakaian teknologi yang berbeda-beda dari setiap amplifier memberikan perbedaan untuk hasil akhirnya. Tergantung pilihan entah itu head cabinet ataupun combo, Kesimpulan dari semua ini adalah bukan mana yang terbaik dan yang terbagus, melainkan mana yang lebih cocok dengan selera kita, gaya musik kita, karakter kita, dan tentunya mana yang lebih cocok dengan budget kita.
Speaker Terbaik Untuk Ampli Gitar
Ampli Gitar BUGERA 333XL-212
Salah satu contoh yang sering digunakan adalah BUGERA 333XL-212. Ampli Gitar Combo Tabung dengan karakter sound modern 120 Watt, 3 Channel Class A dengan 4 buah tabung 6L6 ( dapat di ganti ke EL34 ) Efek reverb built in dan dua buah Speaker 12". Ampli sangar buat metalhead dengan midrange yang padatspeaker ini di Indonesia dibandrol dengan harga Rp 8.900.000.

Baca juga: