search-button

Software Musik Terbaik Untuk Rekaman (Ableton Live)

   
AnakmusikSoftware Musik Terbaik Untuk Rekaman (Ableton Live). Ableton Live merupakan software musik DAW (Digital Audio Workstation) yang banyak digemari dan digunakan oleh setiap editor musik pemula maupun profesional. Membuat musik dalam laptop atau komputer membutuhkan software yang bagus, dan Ableton Live adalah salah satu software musik yang dapat memberi hasil sangat sempurna. Ableton Live dapat digunakan ke dalam perangkat OS X dan Windows. Ableton Live versi 9 (terbaru) telah dirilis pada 5 Maret 2013.

Kelebihan yang terdapat dari software musik terbaik untuk rekaman ini yaitu: dapat merekam, mengatur, dan melakukan mastering musik secara langsung (live). Hal ini tentunya sangat cocok juga digunakan oleh seorang DJ, karena terdapat fitur kontrol yang komplit dan baik.

Software Musik Terbaik Untuk Rekaman (Ableton Live)

Fitur Ableton Live sekarang mendukung kompensasi latency untuk plug-in dan otomatisasi mixer. Sebagian antar muka Live dirancang lebih khusus untuk merekam suara secara langsung dan bersamaan. Walaupun begitu, namun hasil suara yang dimasukan ke dalam papan klip sangat bagus, sama seperti hal nya merekam tunggal sebuah alat musik.

Ableton Live mempunyai dua pandangan, pengaturan dan pandangan sesi, sehingga memudahkan kita untuk mengatur semua fitur yang ada. Pandangan sesi sangat berguna saat kita akan mengatur dan memicu set MIDI, begitu juga klip audio tersebut. Audio ini dapat dengan mudahnya kita atur ke dalam papan klip yang kemudian digabungkan menjadi satu unit. Misalnya klip audio drum, gitar, dan bass tunggal menjadi satu kelompok yang sempurna. Banyak antarmuka Live dirancang untuk digunakan dalam live performance dan sequencer lebih jelas dirancang untuk digunakan dalam satu layar. Terdapat juga beberapa pop up pesan atau dialog yang bisa disembunyikan dan ditampilkan berdasarkan panah yang dapat di klik.
Software Musik Terbaik Untuk Rekaman (Ableton Live)
Image Source : en.wikipedia.org "Ableton Live 8 on Microsoft Windows 7"
Instrumen Ableton Live secara default dilengkapi dengan dua instrumen, Impulse dan Simpler.
  • Impulse merupakan suara alat musik drum yang memungkinkan pengguna untuk menentukan kit hingga delapan suara drum, masing-masing berdasarkan sampel tunggal. Ada sejumlah efek yang tersedia. Setelah kit didefinisikan, irama dan ketukan diciptakan melalui Live MIDI sequencer.
  • Drum Rack merupakan sampler untuk drum. Catatan midi memicu individu "Simplers" jadi daripada memicu satu sampel di beberapa lapangan, sampel individu dipicu di lapangan yang telah ditetapkan, seperti cocok untuk pemrograman midi drum. Seperti biasa dengan Ableton hampir semua hal bisa tarik turun, seperti bisa drop klip dan lainnya, yang memudahkan kita dalam mengontrol posisi time yang ditentukan.

Add-ons Ableton Live memiliki beberapa instrumen tambahan yang dapat dibeli secara terpisah, ataupun yang berada di dalam Ableton Live sendiri, diantaranya: Amp, Sampler, Operator, Electric, Tension, Collision, Analog, Drum Machines, Session Drums, Latin Percussion, Essential Instruments Collection, dan Orchestral Instrument Collection.

Software Musik Terbaik Untuk Rekaman (Ableton Live) ini juga memiliki banyak efek yang dikelompokkan menjadi 2 kategori. Efek MIDI dan Audio Efek. Efek MIDI : Arpeggiator, Chord, Note Length, Pitch, Random, Scale, dan Velocity. Efek Audio : Auto Filter, Auto Pan, Beat Repeat, Chorus, Compressor, Corpus, Dynamic Tube, EQ Eight, EQ Three, Erosion, Filter Delay, Flanger, Frequency Shifter, Gate, Grain Delay, Limiter, Looper, Multiband Dynamics, Overdrive, Phaser, Ping Pong Delay, Redux, Resonators, Reverb, Saturator, Simple Delay, Spectrum, Utility, Vinyl Distortion, dan Vocoder.

Ableton Live  merupakan salah satu Software Musik Terbaik Untuk Rekaman yang sudah tidak asing lagi bagi seorang editor musik profesional. Ableton Live memberikan segala kebutuhanmu dalam membuat, mengedit, dan menggabungkan berbagai satu audio mejadi satu. Disamping itu juga Ableton Live menyediakan fitur untuk memperhalus suara seperti yang kamu inginkan.

Baca juga: