search-button

Sejarah Perkembangan Musik Di Asia

   
AnakmusikSejarah Perkembangan Musik Di  Asia. Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan, terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni, dan musik juga merupakan sebuah sarana hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik. Karakter dan sejarah musik memiliki perbedaan di setiap negara. Contohnya di benua asia. Naah,,berikut ini adalah sejarah perkembangan musik di  asia.

Sejarah Perkembangan Musik Di  Asia

Musik Jepang. Musik tradisional Jepang dahulu sangat terpengaruh oleh perkembangan musik dari cina dan semenanjung Korea. Seiring berjalannya waktu, musik jepang mempunyai karakter dan ciri tersendiri. Musiknya banyak digunakan dalam acara di kuil-kuil, di Istana, dan untuk hiburan rakyat. Adanya Restorasi Meiji abad 18 menjadikan pengaruh musik barat mulai masuk ke dalam musik Jepang. Ragam Musik Jepang dapat digolongkan ke dalam dua katagori. Yaitu musik tradisional Jepang yang pada umunya berbentuk musik festival religi dan pengiring tarian dan musik modern Jepang yang dimulai pada tahun 1867, setelah Mutsuhito Meiji menjadi kaisar Jepang. Salah seorang guru musik yang bertanggungjawab mengenalkan gaya musik Eropa adalah Suzuki Shin Ichi. Musik jepang menggunakan sistem tangga nada pentatonic : 2 4 5 6 7.

Musik Cina. Cina memiliki kekayaan budaya muskl yang telah tumbuh dan berkembang sejak 7000 tahun sebelum masehi. Musik sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat di Cina, hal ini dibuktikan dengan ditemukannya suling Jiahu, instrument musik tertua di dunia terbuat dari tulang binatang. Sekitar abad 19 tradisi musik Cina mulai terpengaruh tradisi musik Eropa, seperti orkes simfoni, konser opera Barat. Musik Cina dikelompokan menjadi dua bagian, yaitu musik tradisional dan musik modern. Musik tradisional Cina mayoritas menggunakan bahasa Cina, sedangkan musik modern mulai masuk ke Cina abad ke-19 yang mayoritas menggunakan bahasa luar. Musik Cina modern tetap menjaga karakteristik bangsa Cina dengan mempertahankan instrument tradisional ke dalam permainan musik modern.
Sistem Nada musik Cina satu oktav dibagi menjadi 12 nada, tetapi dalam permainan musiknya menggunakan 5 nada (pentatonic) 4 5 6 1 2 atau f g a c d.
Sejarah Perkembangan Musik Di Asia
Musik India. Musik India berkembang mulai abad ke 2 sebelum masehi, tepengaruh besar oleh bangsa Arya yang bermigrasi ke India. Musik di India mempunyai arti yang sangat penting, dan berpengaruh dalam magis, religious, kesusasteraan, dan lain sebagainya. Ragam Musik Musik Klasik India dapat diketahui dari dokumen Natya Shastra, suatu risalah drama berbahasa Sansekerta yang ditulis kira-kira abad 2 Sebelum masehi. Terdapat 2 tradisi klasik yaitu Hindustani di India Utara dan Karnatik di India Selatan. Musik Rakyat popular, berasal dari pengaruh kuat musik dalam film yang cepat dikenal masyarakat India. Sejak saat itu musik mulai digemari di India.

Musik Arab. Musik Arab berkembang sejak abad 3 Masehi, budaya musiknya merupakan perpaduan dari tradisi musik dinasti Sassanid di Persia, tradisi musik Byzanttium (awal abad 4- 6 Masehi), dan nyanyian religi dari daerah Semenanjung Arab.

Baca juga: