search-button

Sejarah Alat Musik Gambus Dan Cara Memainkannya

   
AnakmusikSejarah alat musik gambus dan cara memainkannya. Gambus adalah alat musik petik seperti mandolin yang berasal dari Timur Tengah. Alat musik ini terdiri dari tiga sampai dua belas senar. Alat musik Gambus ini biasanya dimainkan sambil diiringi gendang. Lagu yang dibawakan grup orkes gambus berirama Timur Tengah. Alat musiknya terdiri dari biola, gendang, tabla dan seruling. Saat ini, orkes gambus didominasi oleh orang Betawi dan banyak di undang di pesta sunatan atau perkawinan. Lirik lagunya berbahasa Arab, isinya bisa doa atau shalawat.

Sejarah Alat Musik Gambus Dan Cara Memainkannya

Alat musik gambus berasal dari wilayah Hadhramaut Yaman, di sana alat ini dikenal dengan nama qanbus, namun ada yang mengaitkannya dengan alat musik Turki dan Persia yang dikenal dengan nama Barbat. Penyebaran musik gambus berasal dari orang Arab bersamaan dengan Islamisasi melaka pada abad 15. Gambus yang kita kenal sebenarnya evolusi dari barbat karena kerangka pembuatan gambus mirip dengan cara pembuatan barbat.

Di Indonesia Gambus digunakan di wilayah Ambon, Flores, Jakarta, Sumbawa, Tidore, dan Ternate. Namun gambus yang tumbuh di Indonesia adalah gambus kontemporer karena di Indonesia selalu terdapat inspirasi baru untuk memadukan warna warna musik yang ada, dikarenakan keragaman budaya yang ada di Indonesia. Gaya gambus kontemporer di Indonesia lebih condong ke dangdut namun memiliki suara lebih lembut. Di wilayah Brunei dan Kalimantan, Gambus dikenal dengan musik orang islam dan menganggap gambus sebagai instrumen penting dari budaya Islam.
Sejarah Alat Musik Gambus dan Cara Memainkannya
Diperlukan cara khusus untuk memainkan gambus, karena gambus tidak memiliki freet seperti gitar (jadi seperti biola, papan polos, nada ditentukan dengan posisi jari seperti main biola) dan juga senar atau dawai yang berjumlah tiga sampai duabelas. Pada dasarnya chord gambus sama saja dengan chord gitar, akan tetapi  topologi oud yang gripless mengharuskan pengintuisian yang tinggi terhadap nada-nada yang akan dimainkan. Pola permainan gambus mirip dengan pola gitar melodi, namun dalam kebiasaannya oud mengikuti irama vokal yang dikenal dengan maqam (arab), makam (turki), atau lagam (indonesia).

Baca juga: