search-button

Pengertian Alat Musik Tradisional Gambus

   
AnakmusikPengertian Alat Musik Tradisional Gambus. Musik adalah sesuatu yang menyenangkan, hampir setiap orang menyukai musik. Musik mempunyai banyak sekali manfaat musik dapat mewakili perasaan seseorang, musik juga dapat memperbaiki mood seseorang. Mendengarkan musik pavorit, dapat menjadi solusi yang tepat saat merasa lelah. Musik sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia sejak dahulu kala, hampir disemua daerah termasuk di tanah Melayu Riau.

Tanah Melayu mempunyai alat-alat musik yang unik, dan dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis yaitu Aerofons (alat musik tiup), Cordofons (alat musik petik), Idiofons (alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul), dan Membranofons (alat musik yang menghasilkan suara jika dipukul).

Pengertian Alat Musik Tradisional Gambus

Riau  adalah salah satu provinsi di Sumatera yang mempunyai banyak sekali kekayaan alam maupun budaya. Kekayaan alam seperti panorama yang indah sehingga terdapat banyak objek wisata. Kekayaan budaya misalnya dari segi bahasa, tarian daerah, lagu daerah, rumah adat, baju adat, alat musik tradisional, dan lain sebagainya. Berbicara mengenai alat musik tradional yang berasal dari riau, ada beberapa alat musik tradisional melayu riau yang digunakan untuk mengiringi tarian/lagu-lagu tradisional melayu, seperti rebana ubi, kompang, nafiri, kordeon, gendang, gong, dan gambus.

Alat musik tradisional Gambus adalah salah satu alat musik yang berasal dari Riau. Bentuk alat musik gambus mirip dengan gitar. Alat musik ini adalah jenis alat musik petik yang dimainkan dengan cara dipetik, sama seperti gitar. Gambus mempunyai senar yang berjumlah 3 sampai 12 buah. Alat  musik ini dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu melayu atau timur tengah. Orkes gambus adalah sebutan bagi kelompok musik yang menggunakan gambus sebagai alat musik utama.
Pengertian Alat Musik Tradisional Gambus
Setelah membaca tentang pengertian alat musik tradisional gambus tersebut, semoga pengetahuan anda tentang alat musik tradisional menjadi semakin bertambah, dan semoga dapat meningkatkan rasa cinta tanah air anda. Alat musik tradisional adalah salah satu kekayaan budaya bangsa yang kita miliki, oleh sebab itu sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya jika kita dapat menjaga dan melestarikan kebudayaan negara kita. Semoga bermanfaat.

Baca juga: