search-button

10 Band Indie Indonesia Terbaik Dan Terpopuler

   
AnakmusikBand Indie Indonesia Terbaik Dan Terpopuler. Perkembangan band indie Indonesia semakin pesat, ini ditandai dengan semakin kreatifnya band indie menghasilkan lagu yang bagus dan bahkan mungkin lebih baik dari pada band  berlabel. Walaupun indie, namun musisi tersebut bisa juga terpopuler dan dapat diterima karyanya di masyarakat. Di indonesia ini sangat banyak band indie, terutama di kota bandung, jakarta, jogja, bali, lampung dan yang lainnya. Berikut ini adalah 10 band indie yang sukses dan terkenal di belantika musik indonesia.

10 Band Indie Indonesia Terbaik Dan Terpopuler

  1. Naïf. Naif merupakan sebuah group band yang namanya tidak asing di telinga. Dengan lagu lagunya yang khas. Band ini terbentuk pada tanggal 22 oktober 1995,band asal jakarta ini beranggotakan David (Vocal), Emil (Bass, Vocal), jarwo(Gitar, Vocal), Pepeng (Drum). Band ini lebih memilih jalur indie untuk karya karyanya. Mungkin karena kebebasan berkarya dalam bermusik menjadi salah satu alasan mereka memilih jalur indie.
  2. Burgerkill. Band asal Bandung yang terbentuk pada Mei 1995. Nama burgerkill diambil dari nama sebuah restoran siap saji di Amerika Burger King yang kemudian diplesetkan menjadi Burgerkill. Band ini sangat terkenal di Indonesia, khususnya kota Bandung. Burgerkill sering tampil pada acara-acara musik Indonesia terutama Rock. Band ini pernah diundang pada salah satu acara musik di Australia yaitu Soundwave pada tahun 2009 dan pernah juga menjadi pembuka band metal dunia Mastodon di acara Big Day Out tahun 2010. Dengan prestasinya itu burgerkill menjadi band indie terkenal di Indonesia.
  3. The Sigit. The S.I.G.I.T kependekan dari “The Super Insurgent Group of Intemperance Talent” band Rock‘n Roll Indonesia yang terkenal berasal dari Bandung. The Sigit dijuluki sebagai ‘Indonesian Answer to Wolfmother‘ oleh beberapa media Australia. The Sigit menjadi sebuah band indie pada tahun 2005, saat itu pencita musik Indonesia bahkan Australia terkagum kagum melihat penampilan band ini. Setelah peluncuran album mereka yang berjudul “Black Amplifier” The Sigit semakin terkenal bahkan mendapatkan kesempatan untuk menggelar konser di Australia dan Amerika.
  4. Superman Is Dead. SUPERMAN IS DEAD adalah band punk rock asal ulau dewata Bali yang didirikan pada tahun 1995. Untuk sebagian orang mungkin band ini sangat idealis pada aliran musik mereka di tengah ketatnya aliran musik lain yang sedang eksis di tanah air, tetapi itulah yang membuat band ini tetap eksis dan selalu di tunggu penampilanya. Band ini juga pernah tour besar ke berbagai Negara misalnya Vans Warped Tour id USA pada bulan Juni sampai Juli pada tahun 2009.
    Band Indie Indonesia Terbaik
  5. Rocket Rockers. Rocket Rockers adalah band indie asal kota Bandung yang lahir pada tahun 1998. Rocket Rockers beranggotakan Firman (guitar/voc), Aska (guitar/voc), Bisma (bass), Doni (drum). Awalnya band ini sempat bekerja sama untuk mayor label tetapi beberapa tahun kemudian ROCKET ROCKERS akhirnya membuat label mereka sendiri yang diberi nama Reach & Rich Records. Tahun 2006 merupakan moment besar untuk Rocket Rockers karena band ini berhasil menjadikan satu-satunya band Indonesia yang masuk ke dalam sebuah film dokumenter “PUNK’S NOT DEAD THE MOVIE: A Revolution 30 Years In the Making”. Film tersbut disutradari oleh Susan Dynner yang menelusuri tentang perkembangan dan eksistensi Punk Rock selama 30 tahun terakhir.
  6. Gugun And The Blues Shelter. Gugun blues shelter adalah band blues asal Jakarta yang berdiri pada tahun 2004. Band ini mempunyai formasi Gugun (gitar), Jono (bass) dan Bowie(drum). Gugun blues shelter berhasil menjadi pemenang pada Hard Rock Global Battle of The Bands yang pertama , Gugun Blues Shelter dari Hard Rock Cafe Jakarta berkesempatan tampil sebagai band pembuka musisi-musisi legendaris seperti Bon Jovi, Rod Stewart, The Killers , Stevie Nick dalam acara Hard Rock Calling 2011 di London’s Hyde Park, dan itu merupakan salah satu festival musik dunia yang paling dinantikan.
  7. Mocca. Mocca, Band asal kota Bandung yang mengusung aliran indie pop folk jazz swing bossa nova. Mocca yang terbentuk pada tahun 1999 ini mempunyai formasi Riko Prayitno (Gitar), Arina Ephipania (Vokal dan Flute), Achmad Pratama (Bass), dan Indra Massad (Drum). Lagu Secret Admirer menjadi lgu yang mengangkat nama band Mocca , bahkan salah satu perusahaan rekaman asal Jepang, Excellent Records memasukkan nama mereka ke dalam album kompilasi Pop Renaisance. Pada tahun 2004 akhirnya Mocca dapat menggelar penampilannya di Okinawa, Jepang.
    Band Indie Indonesia Terpopuler
  8. Pure Saturday. Pure Saturday adalah band indie asal Bandung yang terbentuk sejak tahun 1994 , band ini beranggotakan Muhammad Suar Nasution (vokal, gitar),Arief Hamdani (gitar), Ade Purnama (bass), Aditya Ardinugraha (gitar), dan Yudistira Ardinugraha (drum). Pure Saturday eksis kembali pada tahun 2005. Walaupun sempat vakum beberapa tahun tetapi aksi penampilan Pure Saturday masih menjadi sorotan oleh para pencinta musik Indie.
  9. The Upstairs. Band indie asal Jakarta ini mengusung aliran new wave. Terbentuk pada tahun 2001, Dengan ciri musikal mereka yang danceable,dan aksi panggung yang menarik yang dapat membuat penonton terpana dengan aksi panggung nya, karena itulah band ini disukai pecinta indie tanah air.
  10. Killing Me Inside. Killing me inside, band yang dibentuk pada tahun 2006 di Jakarta. Band ini mengusung genre Modern Rock dengan anggota Onadio Leonardo (vokal), Josaphat Klemens (gitar), dan Rudye Nugraha Putra (keyboard) , dibantu oleh Angga Tetsuya Wibisana sebagai additional bassist dan Putra Pra Ramadhan sebagai additional drum. Band ini sering tampil dalam acara televisi. Killing me inside juga banyak menjadi idola anak – anak muda masa kini. 

Baca juga: