search-button

Artikel Musik (Seni Musik)

   
AnakmusikArtikel Musik (Seni Musik). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara diutarakan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai keseimbangan dan kesatuan, nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Musik mempunyai banyak sekali jenisnya atau yang biasa disebut dengan aliran/genre. Genre musik adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain. Ada genre musik, pop, jazz, rock, dangdut, dan lain sebaginya. Selain genre atau aliran, di dalam musik juga terdapat beberapa unsur (element penyusun yang dapat membuat musik menjadi indah), seperti unsur nada, melody, bunyi, harmonisasi, dan tempo).

Artikel Musik (Seni Musik)

  1. Nada merupakan salah satu unsur musik yang suprasegmental, nada ditandai oleh tinggi rendahnya arus yang  terjadi karena frekuensi getaran yang berbeda antar segmen. Pada musik, biasanya nada adlah hal yang sangat penting karena nadalah yang bisa membuat orang menjadi tertarik dan suka terhadap sebuah musik. Musisi yang dapat menghasilkan musik yang indah, terbentuk dari nada dan liriknya yang indah dan harus merupakan karyanya sendiri, tidak meniru atau menjiplak hasil karya oranglain. Karena pada dasarnya, nada nada yang dihasilkan setiap musisi pastilah mempunyai ciri khas masing-masing.
  2. Melody merupakan nada yang diatur tinggi rendahnya, polanya, dan lain sebaginya sehingga dapat menghasilkan kalimat lagu yang indah dan tersusun rapi dengan musik.
  3. Bunyi atau suara suara merupakan unsur musik yang paling dasar. Irama yang merupakan pengaturan suara dalam suatu waktu, panjang, pendek dan temponya, memberikan karakter tersendiri pada setiap musik.
    Artikel Musik (Seni Musik)
  4. Harmonisasi merupakan perpaduan yang baik antara irama dan melody, yang akan dapat menciptakan sesuatu yang indah di dalam musik.
  5. Tempo merupakan ukuran kecepatan dalam birama lagu. Metronome dan keyboard adalah nama alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan.. Pada keyboard terdapat digital metronome yang dapat bermanfaat sebagai alat ukur kecepatan dalam birama, misalnya birama 3/4  atau birama 4/4. Tempo sebagai penyusun strucktur dari kerangka lagu, apabila sebuah lagu tidak ada tempo yang teratur maka musik yang di tercipta juga akan berantakan.

Itulah sedikit informasi mengenai Artikel Musik (seni musik), setelah anda membaca Artikel Musik (seni musik) tersebut, semoga akan dapat menambah wawasan anda tentang musik.

Baca juga: