search-button

ALAT MUSIK

   
AnakmusikALAT MUSIK. Alat musik adalah suatu instrumen yang dibuat untuk menghasilkan musik. Pada dasarnya, segala sesuatu yang menghasilkan suara, dan dapat diatur oleh pemain musik dengan cara tertentu bisa disebut sebagai alat musik. Organologi adalah ilmu yang mempelajari tentang alat musik.

Berdasarkan sumber bunyinya, alat musik dibedakan menjadi sebagai berikut.
  1. Alat musik yang sumber bunyinya berasal dari bahan dasarnya disebut Idiofon (kolintang, drum, bongo, kabasa, angklung)
  2. Alat musik yang sumber bunyinya berasal dari hembusan udara pada rongga adalah Aerofon. (suling, trompet, harmonika, trombone)
  3. Alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai disebut Kordofon. (bass, gitar, biola, gitar, sitar, piano, kecapi)
  4. Alat musik yang sumber bunyinya dari selaput atau membrane disebut Membranofon. (tifa, drum, kendang, tam-tam, rebana)
  5. Alat musik yang sumber bunyinya dibangkitkan oleh tenaga listrik disebut Elektrofon. (keyboard, gitar listrik, bass listrik, piano listrik)

ALAT MUSIK

Alat Musik
Berdasarkan cara memainkan, alat musik dibedakan menjadi sebagai berikut.:

  1. Alat musik tiup yaitu dengan cara ditiup (trompet dan suling).
  2. Alat musik pukul yaitu dengan cara dipukul/ditabuh. Alat musik pukul terbagi atas 2 yaitu bernada (kolintang) dan tidak bernada (drum).
  3. Alat musik petik dengan cara dipetik.
  4. Alat musik tekan tidak termasuk kelompok mana pun, akan tetapi cara menekan ternyata menjadi bagian dari sistem menghasilkan bunyi.  yang diinginkan. Alat musik tekan memiliki tiga jenis yaitu: menekan untuk memukul, menekan untuk meniup, dan menekan untuk mengaktifkan sistem elektronik.
  5. Alat musik elektronik menghasilkan suara tiruan dari alat musik aslinya atau akustik. Alat musik yang menggunakan papan kunci (keyboard). Sedangkan alat musik elektrik digunakan untuk alat – alat musik yang dilengkapi dengan komponen elektronik. Alat ini cara memainkannya sama dengan alat musik akustik. Misalnya gitar elektrik, drums elektrik, dan bass elektrik.
  6. Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat melahirkan alat-alat atau perangkat musik dengan fungsi yang lebih efektif dan efisien, contohnya adalah alat musik single band. Alat musik single band sangat praktis karena bisa dimainkan oleh satu orang. Di dalam alat musik ini irama atau style, suara yang beragam, dan fasilitas simple recording. Perangkat ini diberi nama dengan portasound atau portable sound (Yamaha). Sedangkan Roland menamakannya dengan electone atau electric tone. Perangkat ini mempunyai penwaran harga yang cukup terjangkau, sehingga tidak heran jika single band menjadi popular saat ini. Bagi anda yang menginginkan hiburan yang praktis dan ekonomis, perangkat ini adalah perangkat yang pas untuk anda pilih.

Baca juga: