search-button

8 Tips Cara Merawat Alat Musik Keyboard

   
Anakmusik – Tips Cara Merawat Alat Musik Keyboard. Keyboard adalah salah satu alat musik yang mempunyai harga cukup tinggi dan juga merupakan alat musik digital yang sangat rentan terhadap benturan ataupun tegangan listrik, sehingga tidak heran jika orang yang mempunyai alat musik ini akan memperlakukannya dengan sangat hati-hati. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat alat musik keyboard agar berumur panjang. Berikut ini adalah Tips Cara Merawat Alat Musik Keyboard.

8 Tips Cara Merawat Alat Musik Keyboard

  1. Mainkan alat musik keyboard secara rutin atau berkala, karena membiarkan alat musik tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama itu tidak baik dan dapat merusak alat musik tersebut.
  2. Letakan alat musik keyboard ditempat yang benar, aman, dan nyaman. Aman dari kemungkinan hilang atau dicuri, ataupun aman dari lingkungan serta kondisi yang dapat merusak alat musik tersebut. Selain aman, tempat tersebut juga harus nyaman atau strategis, sehingga saat memainkan alat tersebut pemilik akan merasa nyaman.
  3. Meletakan keyboard juga harus diperhatikan, tidak boleh sembarangan. jangan sampai body keyboard terlalu mepet atau nempel dengan benda lain misalnya kursi, lemari, sofa, meja atau benda-benda lainnya. Karena apabila terlalu mepet, maka saat digunakan atau dimainkan, ada kemungkinan body keyboard tersebut akan bergerak dan bergesekan dengan benda-benda lain disekitarnya sehingga lama kelamaan body keyboard tersebut akan lecet.
  4. Lindungi keyboard anda dari debu atau faktor lainnya yang dapat membuat keyboard anda rusak, seperti tumpahan air, makanan, dan lain-lain. salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk menghadapi hal tersebut adalah menutup keyboard anda dengan cover setelah selesai dimainkan.
    Tips Cara Merawat Alat Musik Keyboard
  5. Keyboard adalah salah satu alat musik yang sensitif, oleh karena itu sebaiknya anda berhati-hati saat membersihkannya. Bersihkan kotoran yang menempel pada keyboard dengan menggunakan lap yang permukaannya halus dan lembut.
  6. Usahakan tegangan voltase listrik selalu stabil. Jika anda adalah pemusik yang sering berpindah-pindah lokasi bermain maka  sebaiknya anda menyediakan stabilitator atau stabilizer.
  7. Jika anda perokok, sebaiknya anda tidak merokok dulu saat bermain alat musik keyboard. Agar keyboard anda terhindar dari abu rokok yang bisa masuk ke sela-sela tuts keyboard.
  8. Usahakan untuk tidak menekan tombol fungsi secara berlebihan karena dapat mengakibatkan tombol fungsi tersebut menjadi lecet atau rusak. Apabila anda membiasakan diri menekan tombol dengan keras, maka tombol tersebut hanya akan berfungsi jika ditekan dengan keras. Itulah beberapa tips dalam cara merawat alat musik keyboard dengan baik.

Baca juga: