search-button

5 Tips Cara Merawat Alat Musik Rebana Dengan Baik

   
Anakmusik – Tips Cara Merawat Alat Musik Rebana. Rebana adalah salah satu alat musik yang umumnya berbahan dasar kayu dan kulit binatang, baik itu kambing maupun sapi. Selain itu, ada juga jenis rebana yang terbuat dari aluminium dan porselin. Awet tidaknya alat musik rebana bergantung pada cara perawatannya. Cara penyimpanan dan teknik memainkan alat musik rebana perlu anda perhatikan agar kualitasnya tetap terjaga.

Alat musik rebana yang tidak terawat membuat kualitas dari alat musik tersebut akan menurun. Oleh karena itu, agar alat musik rebana yang anda punya bisa awet, rawatlah alat musik tersebut dengan baik dan benar. Berikut ini adalah Tips cara merawat alat musik rebana.

5 Tips Cara Merawat Alat Musik Rebana Dengan Baik

  1. Alat musik rebana berbahan dasar kayu dan kulit binatang, proses pembuatannya yaitu dengan cara mengeringkan bahan dasar kayu dan kulit binatang tersebut sampai kadar airnya mencapai 00. Semakin kering bahan dasar tersebut, maka alat musik rebana akan semakin baik. Oleh karena itu jangan biarkan alat musik rebana anda lembap, karena akan merusak struktur kulit dan kayu. Anda harus sering melakukan kontrol pada tempat penyimpanan alat musik rebana anda, jangan biarkan alat musik tersebut ditumbuhi jamur, apalagi saat memasuki musim hujan.
  2. Pastikan tempat penyimpanan alat musik rebana anda tidak lembap dan aman dari binatang parasit, karena jenis kayu tertentu sangat disenangi oleh rayap atau binatang pemakan kayu lainnya. Serangga-serangga tersebut dapat menggerogoti kulit rebana, sehingga mengakibatkan rebana anda tidak dapat digunakan lagi.
    Tips Cara Merawat Alat Musik Rebana
  3. Digunakan atau tidak, anda harus melakukan kontrol secara rutin pada alat musik rebana anda, apalagi jika sudah lama tidak digunakan, bisa jadi rebana anda lembap atau bahkan rusak dimakan oleh rayap. Solusinya adalah dengan menjemur alat musik rebana anda di bawah terik matahari secara teratur, sehingga rebana anda akan jauh dari kata lembap. Kondisi kadar air yang kecil akan membuat alat musik rebana anda berumur panjang.
  4. Kulit rebana yang tipis dan kering membuat alat musik tersebut menjadi rawan dengan benda tajam. Kerusakan yang sering terjadi pada rebana adalah robek atau sobek, oleh karena itu berhati-hatilah saat membawa rebana ataupun saat memainkannya. Supaya lebih aman, sebaiknya anda mempunyai tas khusus untuk rebana.
  5. Saat menyimpan rebana, sebaiknya anda tidak meumpuk rebana anda terlalu banyak. Selain itu, simpanlah rebana yang berukuran lebih besar di paling bawah.

Itulah beberapa tips cara merawat alat musik rebana, semoga dengan informasi tersebut, anda bisa lebih menjaga dan merawat alat musik rebana anda dengan baik dan benar sehingga kualitasnya tetap terjaga dan dapat berumur lebih panjang. Baca juga: Sejarah Alat Musik Rebana Dan Perkembangannya.