search-button

3 Tips Cara Merawat Alat Musik Pianika Yang Benar

   
AnakmusikTips Cara Merawat Alat Musik Pianika. Pianika atau yang biasa disebut dengan melodika adalah alat musik tiup kecil yang bisa dimainkan dengan cara ditiup langsung atau menggunakan pipa lentur yang dihubungkan ke mulut. Memainkan alat musik ini memang tidak terlalu sulit, namun membutuhkan kegigihan dan napas yang kuat. Pianika biasanya menjadi salah satu alat musik wajib yang harus dipelajari di sekolah dasar. Pianika dapat digunakan untuk memainkan melodi pokok, kontra melodi, bahkan juga bisa digunakan untuk menjadi pengiring lagu.

Fungsi dari  tuts pianika terbagi menjadi dua bagian, tuts putih berfungsi untuk memainkan nada-nada pokok atau asli, dan tuts hitam berfungsi untuk memainkan nada-nada kromatis. Musik pianika digunakan dengan cara memegang pianika di tangan kiri, menekan dan memainkan melodi lagu dengan tangan kanan, serta meniupnya dengan mulut.

3 Tips Cara Merawat Alat Musik Pianika Yang Benar

Pianika merupakan salah satu alat musik yang biasa digunakan anak sekolah, kebanyakan pada jenjang sekolah dasar. Apakah anda pernah memainkan alat musik pianika? Atau bahkan anda mempunyai alat musik pianika? Bagi anda yang mempunyai alat musik pianika, dan ingin alat musik anda tersebut awet serta tahan lama, maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar alat musik pianika anda berumur panjang. Berikut ini adalah tips cara merawat alat musik pianika.

  1. Sebaiknya anda tidak mencuci alat musik pianika anda dengan air. Jika pianika anda kotor, maka sebaiknya di lap saja, dan tentunya dengan menggunakan kain yang berbahan halus.
  2. Hindari membongkar bagian-bagian selang pada pianika, karena dapat membuat pianika anda menjadi bocor.
  3. Untuk membersihkan pianika bagian dalam, sebaiknya anda menggunakan tombol di bagian ujung pianika, dengan menekan tombol tersebut maka air yang ada di bagian dalam pianika akan keluar.
    Tips Cara Merawat Alat Musik Pianika
Itulah informasi mengenai tips cara merawat alat musik pianika. Dengan perawatan yang baik dan benar, alat musik pianika kesayangan dapat berumur panjang dan juga dapat memberikan kenyamanan saat digunakan. Semoga bermanfaat, baca juga: