search-button

25 Musisi Legendaris Indonesia Part 2

   

25 Musisi Legendaris Indonesia Part 2

  1. Guest Band. Grup musik ini hanya mengeluarkan album mini yang berjudul Tak Kan, akan tetapi walaupun hanya sesaat namun jejak yang ditinggalkannya sangat berarti bagi perkembangan musik Rap, R&B, serta Hip-Hop.
  2. Harry Roesli. Harry Roesli sangat jago membuat lagu yang berisi tentang kritikan-kritikan dengan syair-syair yang cukup konyol namun tajam. Titik Api (1976), Opera Ken Arok (1977), Gadis Plastik (1978).adalah beberapa album fenomenal yang berhasil ia rilis.
  3. Ian Antono. Ian Antono sering disebut sebagai dewa gitar, ia telah berhasil menggarap sekitar 125 album dari berbagai jenis musik. Setelah hengkag dari Godbless, ia membentuk kelompok Gong 2000 dengan menonjolkan kultur Bali. Ian berhasil menelurkan sejumlah rocker papan atas Indonesia.
  4. Indra Lesmana. Indra Lesmana adalah salah satu musisi yang sangat gigih mempertahankan eksistensi musik jazz di Indonesia. kesuksesan berhasil ia raih melalui album solonya yang bertema Aku Ingin. Selain piawai menjadi penata musik, ia juga piawai dalam mengeksplorasi dan memaksimalkan potensi vokal penyanyi yang ditanganinya.
  5. Iwa K. Iwa K mengeluarkan album ketika rap belum terlalu dikenal. Iwa membuka jalan bagi masuknya artis R&B dan Hip-Hop ke Studio rekaman. Bebas dan Batman Kasarung adalah beberapa contoh lagu terbaiknya.
  6. Iwan Fals. Siapa yang tidak kenal dengan Iwan Fals, eksistensinya di dunia musik Indonesia masih berkibar sampai sekarang. Iwan Fals adalah salah satu musisi yang berani bersuara kritis. Karya-karya nya sangat luar biasa, tidak heran jika ia termasukmsalah satu musisi yang legendaris. Umar Bakri, Surat Buat Wakil Rakyat, Buku Ini Aku Pinjam, dan Mata Dewa adalah beberapa contoh lagu terbainya.

  1. Jack Lesmana. Ketika perkembangan musik jazz di tanah air kurang bersahabat, Jack Lesmana membawa keluarganya pindah ke Australia. Ia kembali ke tanah air dan menularkan ilmu serta pengalamannya lewat sekolah musik Farabi. Jack Lesman juga berhasil mendidik kedua anaknya yaitu Indra dan Mira menjadi sama sepertinya yang disiplin, berdedikasi, multi talend dan professionall.
  2. Koes Plus. Koes Plus adalah salah satu musisi legendaris musik pop Indonesia. mereka disebut-sebut sebagai pelopor Pop Jawa dan Pop Melayu.
    25 Musisi Legendaris Indonesia
  3. Melly Goeslaw. Melly Goeslaw adalah salah satu musisi yang multi talent, dia menyanyi dan juga menciptakan lagu. Lagu-lagu yang ia ciptakan selalu mendapat apresiasi baik dari masyarakat. sehingga tak heran jika banyak artis yang antri untuk minta dibuatkan lagu olehnya.
  4. Nicky Astria. Nicky Astria menggebrak panggung musik Indonesia melalui album Jarum Neraka yang terjual diatas 300.000 keping. Angka tersebut merupakan angka yang kuar biasa pada waktu itu, hal tersebut menjadikannya sebagai rekaman rock terlaris pertama.
  5. Pas. Pas merupakan penggebrak panggung musik Indonesia dengan system indie label atau penjualan langsung secara door to door. Dapat membuat album rekaman merupakan  mimpi yang sulit diwujudkan oleh pemusik baru. Kemudian Pas menggempur ketidakmungkinan itu menjadi lebih mudah melalui system indie label tadi.
  6. Rhoma Irama. Rhoma Irama memadukan musik dangdut dengan rock. Ia selalu tampil dengan ciri khasnya, ia menjadikan musik sebagai sarana untuk menyampaikan syair Islam.selain piawai dalam bernyanyi dan membuat lagu, ia juga piawai dalam berakting.
  7. Rinto Harahab. Rinto Harahap pernah menjadi salah satu personel The Mercy’s. Ia pernah menerima penghargaan internasional sebagai penulis lagu produktif.
  8. Slank. Siapa yang tidak kenal dengan grup musik Slank, karya-karyanya yang luar biasa membuat mereka menjadi sangat popular. Dengan atau tanpa kehadiran mereka, bendera mereka selalu berkibar disetiap acara atau panggung musik. Slankers adalah sebutan bagi para fansnya. Dan tersebar hamper diseluruh Indonesia.
  9. Titiek Puspa. Titiek Puspa adalah salah satu pencipta lagu terbaik yang Indonesia miliki. Tante Titiek puspa cukip pandai memilih karakter penyanyi untuk menyanyikan lagu ciptaannya. (Bimbi) New Rollies, (Jatuh Cinta) Eddie Silitonga, (Bing) Grace Simon, (Apanya Dong) Euis Darliah, (Sendiri Lagi) Bimbo adalah beberapa contoh lagu terbaiknya. Sampai saat ini tanteu titiek pulsa masih aktif dalam membuat lagu, saat ini ia sedang focus membuat lagu untuk anak-anak.

Itulah informasi singkat mengenai 25 musisi legendaris indonesia yang berpengaruh. Bagaimana menurut pendapat anda, apakah anda setuju dengan ke 25 musisi tersebut? Apakah salah satu dari mereka ada yang menjadi idola anda? Semoga musisi-musisi tersebut dapat menjadi inspirasi anda untuk terus berkarya.

Baca juga: Sebelumnya…