search-button

Tips Memilih dan Membeli Stick Drum Yang Baik Untuk Pemula

   
AnakmusikTips Memilih dan Membeli Stick Drum Yang Baik. Stick merupakan alat yang sangat berperan penting dalam memainkan drum. Stick yang merupakan alat pukul drum terbuat dari bahan kayu yang berkualitas baik, meskipun semua kayu bisa dijadikan sebagai bahan utama pembuatan stick, namun untuk menghasilkan suara yang bagus, kayu yang digunakan tidaklah sembarangan. Pada dasarnya, jenis kayu pun memiliki karakter bunyi masing – masing, dan itu juga bisa dilihat dari bentuk kepala stik dan cara pemukulannya.

Jenis musik juga memberi pengaruh pada ukuran stick yang akan dibuat, karena stik mempunyai ukuran – ukuran tertentu. Ukuran stick mulai dari 7A, 5A, 5B, 2A, 2B. Kepala stick pun bentuknya beda – beda, ada yang bulat, oval, hampir segitiga, dan nylon. Macam – macam stick misalnya stick mallet, brush, stick akustik. Dalam membeli stick drum kita harus pintar – pintar memilih, sebab sangat besar pengaruhnya terhadap permainan alat musik drum. Agar kita dapat memilih stick yang tepat, berikut ini adalah tips memilih dan membeli stick drum terbaik.

Tips Memilih dan Membeli Stick Drum Terbaik

  1. Kebingungan untuk mencari ukuran stick ? Semua tergantung dari kenyamanan dan jenis musik yang akan kita mainkan. Jika kita memainkan musik yang keras, ukuran yg besar bisa dicoba seperti 2A atau 2B, dikarenakan powernya lebih besar dan lebih menghemat tenaga, begitu juga tidak mudah patah. Akan tetapi stick ini mempunyai kelemahannya lebih cepat merusak cymbal. Jika kita memainkan musik secara lambat maka kita memerlukan kecepatan yang tinggi, contoh saja musik jazz, dapat digunakan ukuran yang kecil. namun kelemahan berada pada power yang dihasilkan kurang kuat dan lebih mudah patah. Umumnya orang memakai stick 5A karena ukurannya umum, bisa masuk ke jenis musik apa saja. Stick 5A ini lebih mudah dikontrol, tidak mudah patah dan juga tidak sampai merusak cymbal.
  2. Perbedaan berat antara sepasang stick merupakan stick yang tidak bagus. Pilihlaah stick yang beratnya seimbang dengan cara pegang sepasang stick dan rasakan perbedaannya.
  3. Tips Memilih dan Membeli Stick Drum
    Hasil pitch yang sama menentukan bahwa stick itu bagus dan patut kamu beli. Lakukan tes pitch dengan memukul ride cymbal dengan ujung stick.
  4. Rasakan kenyamanan stick dengan mainkan stick tersebut dipermukaan yang tidak keras seperti karpet atau drumpad.
  5. Stick tidak seimbang, kayu terasa kopong, logo pada stick tidak rapih, stick tidak lurus itu merupakan ciri dari stick palsu.
  6. Hickory, Red Hickory, Maple, dan Oak adalah bahan kayu yang bagus, yang biasa digunakan untuk membuat stick drum.

Itulah tips memilih dan membeli stick drum terbaik yang mungkin bisa kita informasikan, semoga bermanfaat.

Baca juga: