search-button

7 Tips Memilih dan Membeli Gitar Listrik Untuk Pemula

   
AnakmusikTips Memilih dan Membeli Gitar Listrik Untuk Pemula. Memilih dan membeli gitar listrik yang baik memang tidak mudah, selain alasan kenyamanan, harga gitar listrik yang tidak murah juga cukup menjadi pertimbangan saat anda akan menentukan gitar yang akan anda pilih. Jangan sampai budget yang sudah anda keluarkan tidak sesuai dengan kualitas gitar yang anda dapatkan. Banyak hal-hal yang harus anda pertimbangkan sebelum menentukan pilihan, seperti budgetnya, merknya, kualitasnya, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah 7 tips memilih dan membeli gitar listrik Untuk Pemula.

7 Tips Memilih dan Membeli Gitar Listrik Untuk Pemula

  1. Budget. Penting bagi anda untuk mempertimbangkan budget. Sesuaikan gitar yang akan anda beli dengan budget yang anda punya. Bagi anda yang mempunyai budget lebih, membeli gitar elektrik yang mahal memang lebih baik, akan tetapi bagi anda yang mempunyai budget minim anda harus bisa menyesuaikannya. Misal, harga gitar listrik yang akan anda beli harganya 5 juta, sedangkan anda hanya mempunyai budget 3 juta. Jika anda mau, anda bisa memilih gitar lain yang seharga dengan budget anda (budget 3 juta), akan tetapi jika anda tetap menginginkan gitar yang 6 juta maka anda bisa memilih gitar yang sama namun bukan yang baru tapi yang second. Biasanya gitar yang second mempunyai harga yang lebih miring.
  2. Bentuk Body. Perhatikan bentuk body gitar elektrik yang akan anda beli, sesuaikan bentuk body gitar yang akan anda beli dengan tubuh anda. Karena akan terlihat aneh jika bentuk gitar anda lebih besar atau lebih kecil dari bentuk tubuh anda. Ukuran body gitar yang pas akan membuat anda lebih keren saat menggunakannya.
  3. Ketebalan Neck (Leher Gitar). Perhatikan ketebalan neek atau leher gitar yang akan anda beli, sesuaikanlah dengan tangan dan jari anda. Anda harus pastikan bahwa anda akan merasa nyaman ketika memegang gitar listrik anda. Jika tidak sesuai, maka bisa membuat tangan anda terasa pegal.
    Tips Memilih dan Membeli Gitar Listrik Untuk Pemula
  4. Jarak antara Fretboard dan Strings. Perhatikan jarak antara fretboard dan senar gitar, karena jarak tersebut dapat mempengaruhi suara yang akan dihasilkan. Periksalah apakah jaraknya lebih lebar atau tinggi, atau terlalu dekat.
  5. Stem Gitar dan mainkan. Sebaiknya anda coba memainkan gitar yang akan anda beli terlebih dahulu, supaya anda mengetahui apakah gitar tersebut bermasalah atau tidak. Jika sudah dicoba dan tidak ada masalah, maka gitar tersebut memang bagus dan layak untuk anda beli.
  6. PickUp. Setiap gitar listrik umumnya memiliki 2 pick up, masing-masing pick up tersebut memiliki fungsi tersendiri. Suara yang lebih tebal dihasilkan dari pick up gitar yang berada dekat dengan neck, sedangkan yang di belakangnya menghasilkan suara lebih treble.
  7. Jenis Musik yang dimainkan. Pilihlah jenis gitar yang sesuai dengan jenis music yang akan anda mainkan. Apabila jenis music yang akan anda mainkan adalah musik Rock, Trash Metal dan Heavy Metal sebaiknya anda tidak memakai atau membeli gitar yang khusus untuk memainkan musik Jazz atau Fusion.

Bagi anda yang sedang bingung memilih dan membeli gitar listrik, semoga informasi mengenai 7 tips memilih dan membeli gitar listrik untuk pemula tersebut dapat membantu anda. Dengan tips tersebut, semoga anda tidak bingung lagi saat memilih gitar listrik yang baik.

Baca juga: