search-button

7 Tips Cara Membuat Lagu Yang Bagus dan Baik

   
AnakmusikTips Cara Membuat Lagu yang bagus dan baik. Ketika menciptakan sebuah lagu, rangkailah kata – kata dengan indah dan sesuaikan dengan musik yang indah pula sehingga akan tercipta harmonisasi yang pas, indah, dan enak didengar. Untuk membuat lagu, kamu bisa menggunakan alat musik gitar, piano, harmonika, dan yang lainnya, atau bisa juga membuat lagu di laptop atau komputer. Lagu yang enak didengar bagi setiap orang memang berbeda, namun paling tidak anda sudah berusaha membuat yang terbaik.

Usaha yang baik dan melalui proses yang benar akan memberikan hasil yang baik juga. Untuk membuat lagu yang bagus dan baik, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Berikut ini adalah 7 tips cara membuat lagu yang bagus dan baik

7 Tips Cara Membuat Lagu Yang Bagus dan Baik

  1. Mood yang baik akan menghasilkan lagu yang baik juga. Oleh karena itu, perhatikan mood anda saat akan membuat lagu. Ketika mood anda sedang tidak baik, biasanya anda akan mengalami kesulitan saat membuat lagu. Perbaikilah mood anda terlebih dahulu, sampai mood anda stabil dan lebih baik. Misalnya saja dengan melakukan hal-hal yang anda sukai atau yang membuat perasaan anda lebih tenang dan bahagia. Setelah mood anda membaik, cobalah membuat lagu kembali, dan anda akan berhasil menciptakan lagu yang bagus dan baik.
  2. Ciptakan suasana yang mendukung kreativitas anda, sehingga akan mendapatkan banyak inspirasi. Biasanya suasana yang hening adalah suasana yang paling pas untuk mencari atau mendapatkan inspirasi. Supaya tidak terganggu, sebaiknya anda sendirian saja, dengan begitu anda akan merasa bebas mengekspresikan kreativitas anda.
  3. Gunakanlah alat musik sebagai pengiring, sehingga akan mempermudah anda memadukan lirik dengan nada lagu yang akan anda buat. Alat tulis juga penting untuk anda sediakan, alat tulis berfungsi untuk menulis setiap bait lirik yang sudah anda ciptakan. Kadang dengan membuat tulisan-tulisan atau curat coret terlebih dahulu akan membuat inspirasi dan kreativitas anda lebih berkembang.
  4. Selain alat musik dan alat tulis, Alat perekam juga penting untuk anda sediakan, supaya anda bisa mengingat setiap bait lagu yang sudah anda ciptakan. Terkadang ide memang sering datang dan pergi begitu saja, oleh karena itu cara mensiasatinya adalah dengan merekam ide-ide tersebut. Jika anda sudah merekamnya, anda tinggal menyetelnya kembali dan mereview nya kembali.
    Tips Cara Membuat Lagu Yang Bagus
  5. Tentukan jenis musik dan irama lagu yang akan anda buat, sehingga anda sudah mempunyai patokan saat membuat lagu.
  6. Jagalah keoriginalan lagu anda, karena plagiat adalah hal yang sangat tidak terpuji. Melakukan plagiat pada lagu orang lain merupakan suatu kecurangan, dan itu sama dengan tidak menghargai hasil karya orang lain. Jika anda saja tidak peduli pada hasil karya orang lain, bagaimana orang lain akan mengapresiasi karya anda? Oleh karena itu pertahankanlah keoriginalan lagu anda, supaya karya anda dapat diterima dan dihargai masyarakat.
  7. Setelah lagu anda tercipta, publikasikanlah. Jangan takut pada respon dari masyarakat, anda harus tetap percaya diri. Anda harus yakin jika lagu yang anda buat mempunyai kualitas yang baik, maka anda akan mendapatkan respon yang baik juga. Selera setiap orang dalam bermusik memang berbeda, jadi jagan khawatir jika ada sebagian orang yang tidak suka dengan lagu anda. Teruslah berkarya.

Itulah 7 tips cara membuat lagu yang bagus dan baik, selain 7 tips tersebut masih ada banyak tips – tips lainnya yang bisa anda lakukan untuk membuat lagu yang bagus dan baik. Semoga informasi mengenai 7 tips cara membuat lagu yang bagus dan baik tersebut dapat mempermudah anda dalam membuat lagu. Teruslah semangat dalam berkarya, karya yang baik akan tercipta dari usaha dan proses yang baik juga. Semoga bermanfaat.

Baca juga: