search-button

Sejarah Musik Funk Di Dunia

   
AnakmusikSejarah Musik Funk Di Dunia. (Musik Funk bukan Punk). Ini merupakan jenis musik yang banyak diminati oleh kalangan anak muda, dan mungkin kurang diminati oleh kalangan orang tua, karena musik ini yang cenderung beraliran musik keras. Ternyata musik funk memliki sejarah yang lumayan panjang hingga bisa terkenal ke seluruh dunia ini, mau tahu sejarah musik funk ?

Sejarah musik funky. Pada akhir tahun 1960 – an, saat para musisi Africa dan America mengkolaborasikan R&B, soul jazz and soul music menjadi sebuah ritmik. Funk menyatukan harmoni dan melodi juga membawa groove ritmik yang kuat dari bass elektrik dan drum ke permukaan. Lagu – lagu Funky seringkali bergantung pada perluasan kebebasan diatas single chord.  

Orang afrika yang selalu memberikan inspirasi tentang musik, mempunyai karakter funk yang berisi groove yang kompleks dengan instrument ritme seperti contoh gitar elektrik, organ hammond, bass elektrik, dan drum memainkan ritme yang terkunci. Terompet, saxophone, dan dalam beberapa hal, trombone, yang dimainkan aksen ritmik, juga kadang – kadang dimainkan dalam sebuah bentuk band funk.
Sejarah Musik Funk Di Dunia

Sejarah Musik Funk Dan Perkembangannya Di Dunia

Kata funk yang memiliki arti sesuatu yang kuat, umumnya serangan bau. Karakter Funky yang memperlihatkan kualitasnya dari pada hanya sebuah genre yang berbeda. Pada tahun 1907, para musisi saling membangun keberanian untuk bermain improve dengan saling mengucapkan “sekarang beri beberapa stank ("stink"/funk/bau) diatasnya!" lagu-lagu jazz seperti milik Buddy Bolden, “Funky Butt” menggunakan istilah funk untuk menggambarkan bau. Saat funk dan funky digunakan untuk kontek musik Soul pada akhir 1950 dan awal 1960, sebuah perusahaan yang masih memperdebatkan kata itu untuk masalah kesopanannya. Seorang drummer yang berasal dari New Orleans, yaitu Earl Palmer yang pertamakali menggunakan  istilah “Funky” menjelaskan kepada musisi lainnya bahwa musik mereka seharusnya dibuat lebih ber – sinkop dan berdansa.

Groove intens yang diciptakan funk dengan menggunakan riff dan garis bass gitar yang kuat.  Lagu – lagu funk memakai garis bass sebagai pusat lagunya, dan direkam dengan rekaman Motown. Suatu bass slap yang mencampurkan slap nada rendah dengan ibu jari dan cabikan jari lainnya, dengan nada tinggi yang membuat bass memiliki ritmik seperti drum, yang mana itu menjadi elemen dari funk. Beberapa solois yang populer dan juga terbaik di funk memiliki latar belakang jazz.

Saxophonist Maceo Parker dan Trombonist Fred Wesley merupakan beberapa musisi yang disegani di genre musik Funk. Mereka bekerja sama dengan George Clinton, James Brown, dan Prince. Kool & The Gang, Tower Of Power, Earth, Wind & Fire, The Blackbyrds, The Ohio Players, atau The Brothers Johnson mereka merupakan  beberapa band keren tahun 1960 – an dan 1970 – an.

Funk menggunakan perluasan kunci yang sama yang ditemukan di jazz Bebop, seperti chord minor dengan tambahan 7 dan 11 , atau cenderung tujuh dengan alternatif 9. Namun , tidak seperti Bebop, dengan kompleksnya, perubahan chord yang terkesan liar, funk dapat dikatakan tidak memeperdulikan perubahan pada chord, dengan mengurangi pergerakan harmoni lalu menciptakan single chord statis, namun dengan rasa pengendalian ritmik yang kompleks.

Kunci yang dipakai dalam funk bercirikan isian dorian (mixolydian). Musik jazz yang mendampingi funk untuk menciptakan sub genre jazz funk, yang bisa didengar di rekaman – rekaman Herbie Hancock (Head Hunters) dan Miles Davis (On The Corner). 

Efek suara wah – wah dan mematikan suara not di riff mereka untuk membuat perkusi yang sering digunakan dalam permainan gitaris dengan gaya perkusif, itu yang biasa digunakan dalam band funk. Jimi Hendrix  adalah improve solo yang mempengaruhi Eddie Hazel dari  Funkadelic dan Gitaris Ernie Isley dari The Isley Brothers. Eddie Hazel, yang bermain bersama George Clinton, adalah seorang gitaris solo yang paling baik dalam sejarah musik funk.
Baca juga: